Pages

Tips Masak Daging Empuk ala Chef Khan


Sebenarnya saya kurang suka dengan menu daging sapi maupun daging kambing, karena setiap masak daging hasilnya alot seperti karet, plus masalah kontur gigi yang gampang banget "selilitan" alias makanan nyangkut, terutama di gigi geraham

Beda kalau ke resto, tapi ga semua resto sih dagingnya empuk dan enak di makan, so saya lebih sering memilih menu ikan daripada daging, hehehe karena dua masalah tadi.

Nah pas saya ada kesempatan ikut lomba blogging di Malaysia, kami diundang di restoran india Archana di Klang Malaysia, duhh menunya daging-dagingan, jadi rada manyun mau makan.. Eh trus teman sekamar saya si Devi yang keturunan India - Chinesse bilang, ini sedap loh ..cobain deh

Hmm oke deh saya coba dagingnya, woww surprise! Dagingnya lembuttt banget, itu daging domba sih .. Lamb! Tapi memang enak rasanya, bumbunya nendang banget pas di lidah saya. Sejak itu saya penasaran gimana cara masak daging seenak itu.



Ketika saya berkunjung ke rumah Ustadzah Maryam, yang kebetulan keturunan Arab, tentunya menu daging-dagingan adalah yang utama. Saya pernah diundang makan nasi kebuli dan daging sapi yang dimasak ala Ummi Farida, jidda-nya anak-anak Ustadzah Maryam hehe alias ummi nya Kak Yam.. Namanya Jenderal Mabok.. Beggh rasanya lebih nendang dengan bumbu middle east nya ditambah dagingnya yang empukkkkk banget.. Yang ini daging sapi .. 

Kata kak Yam sih masaknya 2 jam ..hadoooh keburu kondangan bubar deh ah! Hihihi. 

Eh ga tau kenapa kemarin ibu beli daging 1 kg, untuk persiapan lebaran, biasanya kami bikin bakso, tapi karena ayah baru keluar dari Rumah Sakit karena stroke, jadi absen dulu baksonya. 

Selama di rumah, saya jadi tukang masak.. Adek saya jadintukang bersih-bersih, ibu saya jadi Ratu hehehe.. Oke Ibu Ratu bilang terserah mau dimasak apa. Waduh.. Lagi ga ada ide nih buat masak daging, tiba-tiba clinkkkk.. Telpon Chef kenalan saya hihihu

Saya kirim pesan melalui skype, kalau saya lagi butuh resep masak daging, dan saya ceritakan kalau saya benci masak daging karena alot.. Oh ya namanya Chef Khan :p .. Bekerja di sebuah restoran India di London UK, kebetulan disana pas jam sahur, disini jam 9 pagi kira-kira
Nih orangnya :p 

Okey begini caranya : 
Siapkan daging sapi, potong sesuai selera, percobaan pertama kemarin saya disuruh potong dadu, daging jangan dicuci dulu sebelum dipotong. Karena ini lagi percobaan, saya pakai cuma 3 potong aja sekitar 2 ons

Trus siapkan 5 butir bawang merah, 5 butir bawang putih, 1cm jahe semuanya dirajang kasar. Daun Salam selembar plus sereh ya (yg sereh ide saya sendiri) Nah panaskan minyak, masukkan bawang dan jahe, daun salam, taburkan garam, kemudian tumis hingga harum, kemudian masukkan daging, aduk hingga rata, lalu tutup penggorengan, dan biarkan selama 3 menit

Setelah 3 menit, daging akan berubah warna, menjadi kecoklatam pucat, masukkan setengah gelas air tutup lagi. Cek setiap 5 menit hingga daging agak empuk.

Kemudian proses peresapan bumbu, tambahkan lada bubuk, merica bubuk, cabe giling .. Oow karena saya ga punya cabe giling, akhirnya saya ganti dengan saus tiram 1 sendok teh, kecap manis 1 sendok teh, dan saos tomat 1 sendok teh juga .. Sempet diteriakin sama si chef karena kebanyakan nuang kecap hehehe saya lupa, kan ini masak daging ala India, yang rasanya lebih ke curry (sedepp kalo orang jawa bilang) mereka anti gula kalau masak, sedangkan saya duhh gula jawaa haahhahah apa-apa dikasih gula!

Okey aduk semua bumbu tadi, tambahkan air 1/4 gelas (tergantung selera) yang jelas masakan India itu lebih banyak pakai ketumbar dibanding merica, cobain deh ntar ;) .. Jangan lupa tutup kembali .. Oh yaa semuanya pakai api kecil ya..

Hmm termyata memang lama masak dagingnya, tanpa soda, tanpa presto .. Tapi hasilnya puas! Dari aromanya aja udah lazizz.. Enaak kata ayah saya yang lagi ga puasa hehehe..

Pokoknya kuncinya itu harus ditutup, dan tambah air kalo masih belum empuk .. Nah bumbunya juga harus banyak, karena kalo kebanyakan air tar jadi hambar :D .. Biarkan sampai airnya habis.
Dan dagingnya empuk :) selamat mencoba!

Fotonya saya comot di internet hehehe karena lupa gak moto kemarin ;)

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)