Pages

Tips Memilih Strawberry

Strawberry Sweet Charlie - Agrokusuma Batu
Buah Strawberry bagi saya adalah buah yang baru dikenal ketika masa-masa remaja, seingat saya belum pernah tuh dikenalkan dengan buah ini waktu kanak-kanak, entah karena memang belum se-booming sekarang, atau karena di kampung waktu itu belum ada :p! Tapi saya mengenal murbai atau arbai hehehe hayoo tahu gak nih?

Dalam bayangan saya dulu, ketika melihat gambar buah strawberry itu, buahnya enak, rasanya manis dengan warna buah yang segar merah merona. Hmm tapi pas pengalaman pertama makan si straberry ini .. Eughhhrr asseeemmm! Bahkan dulu sempet ada pertanyaan kuis iseng, kalo dikasih kue tart yang ada strawberrynya mana dulu yang kamu makan? Dan kalo kita jawab kue tartnya dulu, artinya kita ga berani menghadapi asamnya hidup .. Kalo straberrynya dulu berarti kita mampu menghadapi asam manisnya hidup .. Jiaaah apaa sih! Hahaha
Strawberry dalam polybag mencegah buah busuk jika memyentuh tanah

Nah sekarang saya baru tahu, ternyata strawberry itu ada yang rasanya manis bingitt loh, ga ada asem-asemnya. Ini saya tahu setelah akhir bulan lalu pas berkunjung ke Agrokusuma strawberry kota Batu. Disana saya dijelaskan bahwa memang ada varietas strawberry yang rasanya asam, dan ada yang rasanya manissss mirip saya ..hahaha

Tahu gak ternyata buah strawberry itu ada dua macam (berdasar info si mbak pemandu di Agrokusuma) yang pertama si Curly, buahnya manisss banget dan si Rosalinda yang ada asem-asemnya. Nah pas saya googling nih, ternyata banyak juga ya varietasnya, ada yang dari Amerika dan ada juga yang dari Jepang. Nih coba cek disini ya jjenis-jenis strawberry
Lemon Grass - Bawang Pre sebagai anti hama alami

O lala ternyata bukan curly, tapi Sweet Charlie, nah untuk varietas ini bentuknya cantik, warnanya juga merah cerah. Sedangkan si Rosalinda ini bentuknya kurang menarik, bisa juga disebut si kembar siam, karena ujungnya bercabang tidak mengerucut, warnanya sih merag juga tapi rasanya asam.

Nih coba di cek foto strawberry yang seperti apa, eits cuci dulu ya sebelum dimakan :)
Kiri : Rosalinda, Kanan : Sweet Charlie


Trus minggu lalu saya pulang ke Bondowoso, di kota saya ini juga ada loh budidaya strawberry, tepatnya di kaki gunung Ijen. Buah yang saya beli, ukurannya lebih kecil rasanya juga manis, ada juga sih yang asem, eh tapi buah yang warnanya ga terlalu merah justru manis loh! Yuk cobain dan selamat berburu strawberry yaa. Kalau mau berkebun strawberry, bibitnya bisa dibeli disini ya .. Beli bibit tanaman

Ini strawberry Ijen,


Share this:

CONVERSATION

4 komentar:

  1. Mbaaak... apa kabar?? Aku Nurul dulu LMI. Dikau juga ngeblog tho? Aiiih, senaaaang bisa ketemu di mari :) Btw, boleh minta nomor HP owner Kampoeng Tahu? Mau aku interview utk rubrik bisnis di Majalah NH.
    Please email ke: nurulnih@gmail.com ya mbaa...
    Thanks much :))

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah baik mbak :) terima kasih sudah mampir ya..

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mbak, beneran ada stroberi manis yh.? Sayang tempatnya jauh, klo dekat sdh sy beli.
    Klo ada waktu mampir ke blog sy mbak... http://salsa-strawberry.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Kabarnya stroberi di palestina juara sedunia. Besar dan manis.
    Mohon pencerahan itu viriwtas apa dan gimana bisa peroleh bibitnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)