Pages

Telor Cina : Asli apa Palsu ?!

Bermula dari sebuah share posting di Facebook sekitar 6 Maret 2015 , tentang berita telor "imitasi" made in China, yang keluar bukan dari  pantat ayam hahaha .. tapi keluar dari pabrikan Cina, dan terbuat dari bahan-bahan Kimia berbahaya
Info Telor Palsu dari FB


Seperti biasanya, saya baca berita itu, kemudian menurut saya layak untuk di share, meski sebenarnya saya juga ragu dengan kebenaran berita tersebut. Berita Telor Cina menjadi salah satu posting dalam wall fb saya.

Nah .. entah Tuhan ingin menunjukkan kebenaran berita itu atau tidak, tapi kemarin 10 Maret 2015, saya sedang jalan-jalan ke Kota Jember, dan mampir di sebuah warung nasi padang yang terbilang cukup elit untuk disebut warung. Lokasinya masih disekitaran kampus UNEJ .. yapp almamater saya :D


Biasanya kalau makan di Warung Padang, saya selalu mengambil ikan, tapi karena kemarin penampakan ikannya kurang menarik, akhirnya saya ambil paru goreng dan telor. Singkat kata, warung ini adalah warung padang prasmanan, yang semuanya serba "self service" kecuali minuman.


Amati Bentuk Telur yang Lonjong di kedua sisi

Setelah memilih tempat duduk, dan menunggu pesanan es jeruk datang, saya mulai deh menikmati lezatnya sambal ijo khas Padang .. hmmm enak! Paru goreng saya coba gigit, uhh alotnya minta ampun nih.. jadi Kangen makan di Warung Padang Dharmahusada Surabaya, udo-nya "baikk" banget :p hahahaha #modus

Okey setelah itu saya melirik telur, entah kenapa tiba-tiba saya mengamati bentuk telur kare yang memang mirip dengan foto yang diunggah di FB kemarin. Wah rasa curiga muncul nih ... karena saya makannya pakai tangan, jadi lebih terasa tekstur telurnya. Dari segi bentuk memang benar tidak ada bagian yang flat pada telur itu, semua bagiannya oval cenderung lonjong.

Bagian Putihnya Berlapis-lapis, dan beda warna putihnya dengan telus asli

Tekstur telurnya lebih padat dan keras dibanding dengan telur ayam pada umumnya. Hmm menjadi ragu untuk melahapnya. Akhirnya saya simpan telur itu sampai nasi dan lauk paru habis. Kemudian saya cuci tangan, dan menggunakan sendok garpu untuk "operasi" telur hehehe.. bukan sok higienis, tapi alasan cuci tangan adalah untuk bisa megang gadget biar bisa foto.

Telur itu saya coba belah jadi dua, putih telur itu menurut saya agak aneh sih, karena keras sekali teksturnya, seperti telur busuk yang direbus, atau telur rebus yang di ulang-ulang rebusnya. Putihnya juga putiiiiiiiiih banget, selain itu seperti ada lapisan-lapisan yang menyusun putih telurnya. 

Putih telur yang berlapis-lapis .. 

Bagian Kuning telurnya ya memang sih kita gak bisa membedakan mana yang asli atau palsu. karena mirip banget bin bingitzzz .. Saya coba memberanikan diri untuk uji rasa .. cieeee jiwa anak Teknologi Pangannya keluar nih hahahayyy...! O la la .. rasa kuning telurnya juga beda, lebih pekat di lidah, dan rasa bumbu karinya lebih meresap ke kuning telur. Rasa di perbatasan antara pangkal lidah dan kerongkongan jadi lebih gimana gitu ... kalau orang jawa bilang "kesereten" .. jadi susah nelan dan neg di perut.

Kalau yang putih, rasanya juga beda, kalau telur ayam asli, biasanya kan rasanya lembut, lentur dan kenyal, warnanya pun gak putih banget, lebih ke arah bening pekat. Nah bagian putih dari Telur Cina ini, lebih padat, berlapis-lapis, dan putih banget.

Putih Telur yang berlapis-lapis

Hmmm.. jadi tambah yakin aja deh sama berita itu. Trus diantara putih dan kuning, itu ada lapisan putih tipis, seperti kulit ari. Tapi itu semua kalau kita teliti sebelum makan, lah kalau mahasiswa yang kelaparan, ya tahu sendiri dong kita dulu gimana? hahahahah.. sekali hap ludess tuh telur ga bersisa.

Well itu pengamatan saya dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) tapi saya juga belum tahu apakah berita ini benar atau tidak, tapi setidaknya kita harus lebih waspada dalam mengkonsumsi makanan. Bukankah Allah dan Rasul-Nya menganjurkan kita untuk makan makanan yang halallan thoyyiban .. Telur itu halal, tapi kalau isinya bahan kimia ya gak Thoyyibb dong untuk badan kita :D heehehe

Nah ini saya cuplik tulisan dari Share Post FB tentang apa kandungan Telur Cina dan bahayanya untuk kesehatan kita ;)

Ijin copas dari group tetangga.. WARNING Sekilas info. 

Skrg sdh ada telur palsu dari china.
Barang sama persis dgn telur asli.
Telur palsu 100% full murni bahan kimia.
Cek di mbah google "telur palsu dari china".

Asal muasal
Telur palsu adalah dari negara China.
Alasannya, karena telur asli di sana sangat mahal. Sedangkan, harga telur palsu sangat murah.

Sekilas: rasa, warna dan bentuk telur palsu sangat mirip dengan yang asli.
Orang yang mencicipi mengatakan bahwa rasa telur palsu ini sangat mirip dengan telur asli.

Cara membuat telur palsu
Puth telur, menggunakan sejenis ramuan seperti: agar-agar, bubuk kimia , asam benzoid, bahan pengentalan dan bahkan tawas yang biasa digunakan untuk pengolah industri.
Kuning telur, bubuk berwarna kuning jeruk dicampur ke dalam air dan diaduk. Cairan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan plastik yang berbentuk bulat dan dicampur dengan cairan yang mengandung kalsium khlorida. Ini akan membuat selaput tipis di luar "kuning telur" yang akan mengikatnya dengan kuat. Lalu telur tersebut dibentuk dengan sebuah cetakan.
Kulit telur juga dibuat. Parafin dan sejenis cairan kimia warna putih dituang ke dalam telur palsu itu, lalu didiamkan untuk kering.

Telur buatan ini dapat dijemur dengan sinar matahari atau dikukus.
Apakah telur palsu aman dikonsumsi ?
Para ahli memperingatkan akan bahaya mengkonsumsi telur palsu ini. Tidak hanya telur-telur palsu itu tidak mengandung nutrisi apapun, seorang profesor Universitas China Hong Kong memperingatkan bahwa mengkonsumsi TAWAS dalam waktu lama dapat mengakibatkan penyakit dementia (penyakit mental yang serius yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir, mengingat dan bertingkah laku abnormal).

Bagaimana cara membedakannya ?
Putih telur tersebut bening seperti karet dan tekstur pada kuning telur ada garis melingkar beraturan.

Perlu diketahui, saat ini telur palsu tersebut sudah beredar di Indonesia…

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)