Pages

Smart Highway : Surat Untuk Bupati Bondowoso

Foto dari : http://www.designboom.com/technology/smart-highway-by-daan-roosegaarde-wins-index-award-2013/

Dear Pak Amin,

Saya Ericka, salah satu warga Bondowoso yang sedang mengikuti lomba menulis Holland Writing Competition 2015, melalui tulisan ini saya ingiiin sekali bercerita tentang ide brilliant dari Belanda, untuk kebaikan kota kita .. boleh ya Pak ?

Pak Amin, banyak yang bilang Bondowoso itu kota mati, kota pensiun, kota miskin, bahkan yang lebih parah tidak berkembang. Duh .. masak iya sih pak begitu? Sedih rasanya mendengar komentar negatif tentang kota ini, tapi saya yakin Bapak pasti sedang berusaha keras untuk menjadikan kota ini maju dan sejahtera .. betul kan Pak ?

Sekarang Pak Amin pasti sedang sibuk membaca banyak berkas dan laporan dari staff dan dinas di Bondowoso mungkin juga surat-surat penting lainnya. Boleh gak Pak, saya minta waktu lima belas menit saja untuk surat saya ini ..?

Pak Amin yang baik ..

Saya tahu, akhir-akhir ini bapak pasti juga sedang sibuk membenahi banyak hal untuk kemajuan Bondowoso, hingga ke pelosok desa. Tapi mungkin juga ada yang terlewat dari pantauan Pak Amin, yang menurut saya amat sangat penting untuk kemajuan Bondowoso.
Minggu kemarin saya pulang dari Surabaya, seperti biasanya saya selalu lewat arak-arak Bondowoso, ya hutan jati dengan jalan yang berkelok-kelok, namun menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan itu, selalu saya lalui jika pergi dan pulang ke Bondowoso.

Terima kasih ya Pak .. karena Bapak sudah membangunkan kami jalan yang sangat mulus, rambu-rambu lalu lintas yang sangat jelas terbaca, terasiring yang lebih kokoh. Pohon-pohon hijau dan monyet-monyet liar nampaknya juga semakin betah di hutan itu.
Selain itu saya juga salut dan berterima kasih sekali karena bapak membuat lampu penerangan jalan tenaga surya di beberapa sudut jalan menuju hutan arak-arak Bondowoso .. bukankah itu suatu kemajuan ?

Berpapasan di Arak-arak Bondowoso pada malam hari

Tapi pak .. pernah kah bapak melewati hutan arak-arak di malam hari ? Mari saya tunjukkan foto-foto yang saya ambil semalam .. Oh ya saya naik ojek loh dari Kota Besuki menuju Bondowoso, karena kemalaman dari Surabaya, hingga tidak ada bus atau angkutan umum menuju Kota Bondowoso, jalan satu-satunya ya dengan Ojek ..

Ya Tuhan .. ini kali kedua saya naik ojek tengah malam, udara dingin dan berkabut, membuat malam itu semakin kalut. Hanya sinar lampu dari motor yang kami kendarai, dan sesekali berpapasan dengan kendaraan lain yang akan keluar Bondowoso, gelap dan pekat suasana malam itu.

Rambu di Arak-arak yang tersorot lampu motor

Tiba-tiba jadi teringat pada sebuah artikel, yang saya baca tentang Jalan Cahaya di dekat Kota Amsterdam Netherlands, seandainya jalan itu bisa kita gunakan di arak-arak Bondowoso ... it’s gonna be soooooo cooooooool Bapak Bupatiku Sayang ! ... pasti akan banyak orang yang ingin mengunjungi arak-arak di malam hari, pasti akan banyak pengemudi truk dan pengguna jalan lainnya yang begitu mencintai Bapak .. dan sangat berterima kasih dan pasti Kota kita akan lebih dikenal pak.

Pak Amin yang bijak ..

Tahukah Bapak, bahwa di Belanda ada seorang seniman muda bernama Daan Roosegaarde, yang menciptakan jalan bercahaya di malam hari. Pria kelahiran Nieuwkoop Belanda ini adalah salah satu kandidat terpilih Talent of The Year 2015 by Kuntsweek dan juga menjadi jawara dalam kompetisi desain inovatif dunia.

Pria ini membuat ide-ide cerdas terkait jalan bercahaya, diantaranya ada Smart Highway, Van Gogh Path, Marbels, Wind Light dan sebagainya. Ide-ide itu sangat mudah dan bisa diterapkan di kota kita Pak.

Contohnya Smart Highway dan Van Gogh Path, dua ide ini merupakan alternatif penerangan jalan yang sangat murah, hemat energi, dan bisa dikembangkan hingga pelosok-pelosok desa di Bondowoso. Selain itu, kota kita akan benar-benar menjadi kota yang cantik... seperti tag line yang pernah saya sampaikan waktu Ijen Festival dulu pak .. Bondowoso is the hidden paradise .. masih ingat kan Pak ?

Smart Highway adalah sebuah ide membuat jalan umum yang dirancang dengan memberi garis tepi di kanan kirinya, dengan menggunakan cat khusus yang mampu menyala di malam hari, sehingga sangat memudahkan pengguna jalan disaat gelap gulita melihat arah jalan.

Ide ini terinspirasi dari Jelly Fish atau gurita yang mampu menyala di dalam air meski tanpa listrik atau tanpa panel surya, istilahnya glowing in the dark. Sehingga pengguna jalan, terutama di jalan-jalan yang jauh dari energi listrik, dapat mengendarai lebih mudah dengan melihat cahaya yang bersinar dari garis tepi jalan tersebut.


Penggunaan cat khusus – photo luminescent paint pada garis tepi jalan raya, menyebabkan garis tersebut berpendar pada malam hari. Cat ini menyerap energi panas matahari pada siang hari, dan mampu memantulkan cahaya atau berkilau dalam gelap pada malam harinya hingga 10 jam, persis seperti Scotchlite pada rompi polisi  yang berpendar di malam hari.

Karya inovatif ini sudah di uji loh Pak di Belanda sana, dan sudah banyak mendapatkan penghargaan. Smart Highway bisa kita temui di sebuah kota propinsi Brabant Netherlands sebagai pilot project. Jalan disana tidak hanya bercahaya di malam hari, tapi juga mampu “memberi tahu” kita tentang kondisi cuaca yang sedang terjadi.

Jika suhu udara sedang turun, karena hujan es atau salju, maka jalan tersebut akan memunculkan gambar tanda salju - snowflakes, mengisyaratkan bahwa jalanan sedang licin, agar pengendara lebih berhati-hati. Cat khusus ini mampu bercahaya hingga suhu minus 5 derajat celcius.

Selain Glowing Light, Daan juga menciptakan Wind Light sebuah baling-baling yang ditanam di sepanjang pinggir jalan toll, dan akan menyala jika baling-baling kecil itu terhempas angin dari laju kendaraan yang lewat.

Konsepnya sederhana, baling-baling kecil yang dilengkapi dengan lampu itu ditanam disepanjang tembok jalan toll. Kemudian setiap ada mobil atau kendaraan yang melaju kencang, akan memberikan hembusan angin melalui sela-sela ban, sehingga baling-baling ini menangkap energi angin tersebut, merubahnya menjadi energi cahaya .. Wooowww kerennn kan pak?!

Sedangkan Van Gogh Path, ini juga bisa kita terapkan di jalanan pedesaan yang kurang penerangan. Daan menge-cat jalan utama di desa dengan cat khusus menggunakan motif lukisan Van Gogh, sehingga ketika malam hari, jalan ini bercahaya seolah menunjukkan arah kemana harus melangkah.

Kalau misal nih pak, saya menang lomba menulis ini, saya janji akan mengunjungi Smart Highway, saya akan foto, rekam dengan video, dan bahkan kalau saya bisa bertemu dengan Mr. Daan Roosegarde, saya akan mewawancarai beliau tentang ide cerdasnya ini, dan apakah mungkin diterapkan di kota kecil kita ini.

Atau mungkin Bapak mau saya membawa Mr. Daan datang mengunjungi kota Bondowoso, untuk membicarakan proyek Smart Highway di Arak-arak Bondowoso pak? Kita juga punya tempat Kawah Wurung yang indah, seandainya disana juga ada marbels, Van Gogh Path, pasti akan semakin banyak traveller yang datang ..

ahh Bapak betapa saya sangat bersemangat berbicara tentang Bondowoso .. ya kota kita yang indah ini .. the Hidden Paradise! Kenapa tidak kita terapkan ide brilliant dari Belanda ini untuk kota kita? Bukankah telah banyak sisa peninggalan Belanda di sini yang masih bisa kita manfaatkan ? Ayo dong Pak kita majukan kota kita .. tapi Doakan saya menang juga ya lomba ini biar saya bisa ke Belanda .. Aamiin

Refference :


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)