Pages

Gusi Bengkak dan Jus Nanas ..?? (Alergi Nanas)

Nanas dan Gusi
Minggu pagi tiba-tiba gusi kiri bagian belakang saya bengkak, tanpa ada sebab sakit gigi atau kasus gigi berlubang lainnya. 

Awalnya sih saya biasa aja, karena gusi bengkak itu bukan masalah baru bagi saya :D, dulu malah pernah hampir tiap minggu gusi bagian kanan bawah dan atas bengkak bersamaan. Dan setiap berkunjung ke dokter gigi, jawabannya selalu sama, karena faktor kecapekan, faktor stress, atau ada infeksi yang tidak terdeteksi. Lebih dari 10 dokter saya datangi, hasilnya sama, selalu pulang dengan obat-obatan penahan nyeri dan anti inflamasi.

Hingga saya bertemu dengan Dr. Terence waktu di Surabaya, dokter gigi ini yang paling keceeeh badaiii, karena berkat dokter Terence, masalah gusi bengkak saya sembuh total hingga sekarang, tapi ya itu hehehe harus lewat operasi kecil. Karena menurut dokter Terence, kasus gusi bengkak saya ini disebabkan oleh karang gigi yang masuk kedalam gusi, menempel pada akar-akar gigi. 

Awalnya takut juga sih, tapi Dokter Terence meyakinkan saya bahwa operasinya gak se-seram yang saya bayangkan, eh bener operasi cuma berjalan 30-45 menit, saya dibius lokal, dan tidak takut ketika proses operasi berlangsung. Sejak saat itu, dokter menyarankan untuk melakukan scalling atau pembersihan karang gigi, minimal 6 bulan sekali. 

Nah sekarang, gusi saya bengkak tanpa ada sebabnya, langsung bengkak aja, nyeri dan kalau mangap sakit, nyerinya sampai ke telinga. Gusi ini sebenarnya sih sering bengkak, dan disarankan untuk di cabut, tapi ini tiba-tiba bengkak. Saya pikir ada masalah dengan telinga saya, karena beberapa hari sebelumnya seperti ada hewan masuk ke telinga, tapi begitu saya cek, gak ada apa-apa.

Saya coba minum obat anti bengkak, dan anti nyeri yang ada di rumah, lalu tidur .. dan ternyata sorenya makin bengkak, malah sekarang gak bisa nelan.. duh sakitnya tuh di pipi :D. Lalu saya coba ke apotek terdekat, untuk beli obat yang dulu pernah di-resep-kan oleh Dr. Terence ketika gusi saya bengkak, tapi kata apotekernya obat itu hanya untuk menghilangkan rasa nyeri ... aih! Dikasihlah saya obat generik anti bengkak, sekalian saya beli obat kumur betadine

Senin pagi, gusi saya masih saja bengkak, sakitnya tambah di telinga. Saya coba ingat-ingat apa yang sudah saya makan, sampai gusi bengkak. Terakhir sebelum gusi saya bengkak, saya minum jus nanas, yang saya beli di alun-alun Bondowoso. Tapi saya meragukan hal itu. Alibi saya langsung ke telinga yang seperti kemasukan semut, naahh akhirnya emak saya bilang tetesi minyak kelapa ..

Waduhh saya agak takut sih, karena meski kadang obat traditional mujarab, tapi bahaya juga kaleeee telinga dikucuri minyak..tapi ya sudahlah saya pasrah, daripada gak sembuh. Pagi ini saya tidur miring jadi pasien emak saya, dikucuri minyak goreng bersih. Dan disuruh tunggu 1 jam .. hadoooeehh :D, gak sampai satu jam, telinga saya miringkan ke kiri, yang ada minyak gorengnya aja yang keluar hahahah..

Siangan dikit saya minum obat anti bengkak dari apotek kemarin dan ponstan, tapi tetep saja sakitnya masih terasa, sekarang gak cuma tembus ke telinga, tapi ke rahang bawah. Ada teman menyarankan ke puskesmas kutakulon, katanya dokternya oke. Ahh saya paling takut kalo udah masalah kesehatan kalo yang nangani gak recomended... ntar salah-salah jadi mall praktik.

Dan entah kenapa ya .. buah nanas itu tiba-tiba ada di kepala saya, saya coba googling tentang gusi bengkak dan penanganannya. Ya faktornya banyak, tapi tidak memuaskan rasa ingin tahu saya. Trus saya googling lagi kaitan nanas dan gusi bengkak. Wahh ketemu beberapa artikel, yang menyatakan jus nanas bagus untuk mengurangi bengkak.. hmm ga connect nih.

Trus saya coba ubah kata pencarian menjadi pineapple allergy .. O la la .. disitu saya baca, ternyata nanas bisa menyebabkan alergi. Salah satunya peradangan pada area mulut. Hiyaaa kemudian saya ingat-ingat lagi, karena dulu waktu kecil, kalo makan nanas suka gatel di lidah dan di mulut. 

Tapi bukan karena nanasnya 100 persen sih, kalo menurut saya mata nanasnya itu yang bikin gatel, sama getahnya. Laah saya baru ingat, pas beli jus di alun-alun, orangnya main potong aja tuh nanas, gak dicuci pulaa dan mata nanasnya gak diilangin .. bagusss jusnya saya minum, dan begini deh akhirnya, bengkak!

Well well... nanti sore saya sepertinya harus ke Drg. Hafidz, dokter baru saya di Bondowoso, yang sebelumnya menangani scalling dan tambal gigi. Let see apa yang akan diberikan dokter ini untuk gusi saya :) .. maunya sih saya cabut gigi bagian belakang, karena dulu drg. Terence pernah menyarankan gigi itu dicabut, daripada sering bengkak.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)