Pages

Ceker Pedas Bondowoso ala Bu Erna

Warung Bu Erna

Beberapa tahun lalu, saya sempat ngobrol dengan salah satu pejabat di Surabaya Tourism Centre. Beliau menanyakan apa sih makanan khas Bondowoso selain tape ?

Ketika itu saya jawab asal .. pecel bu Supan :D, tapi jawaban itu kurang membuat beliau tertarik, karena menurut beliau apanya yang khas ? yang membuat orang datang berduyun-duyun demi makanan itu?!

Wow kata-kata beliau itu marketing banget! Ya memang sih saya tidak terlalu paham masakan khas Bondowoso selain tape! Semenjak meninggalkan Bondowoso lepas lulus SMA, saya tidak banyak tahu perkembangan kota ini, hingga akhirnya saya kembali ke Bondowoso di tahun 2014 .. 

Nah kebiasaan wisata kuliner di Surabaya lalu menulis dalam blog saya, terbawa hingga sekarang. Selama ini banyak tempat wisata dan makanan khas kota-kota lain sudah saya tulis, tapi tentang Bondowoso hmm rasanya baru segilintir!

Okey sebagai bentuk rasa cinta saya, sekarang saya akan mulai meliput  eh menulis tentang Bondowoso tercinta! Kali ini saya akan menulis tentang kuliner khas Bondowoso Ceker pedas!

Ceker Pedas Bu Erna

Awalnya saya tahu tentang menu ini dari grup whatsapp alumni SMA 2 Bondowoso, yang selalu heboh dengan info-info kuliner hehehe. Selain itu salah satu teman dari Surabaya, yang beberapa bulan lalu berkunjung ke Bondowoso juga penasaran dengan Ceker Pedas, katanya sih sudah terkenal di Jember ..

Wahh.. saya sendiri orang Bondowoso gak ngerti tuh! Setelah saya survey, ternyata memang ada beberapa depot dan warung yang menjual ceker pedas. Dalam benak saya, yang namanya ceker pedas itu warnanya coklat kecap, kering berselimut cabe.

Ternyata SALAH saudara! Ceker pedas Bondowoso itu berkuah santan, rasanya gurih segar. Atas rekom dari teman yang dari Surabaya itu, dia bilang CEKER BU NING yang ada di Jalan Santawi, katanya paling populer hingga kota Jember. 

Daftar Menu

Saya coba makan disitu, hmmm menurut saya sih standar biasa aja.. (hahahaha belaguu ala chef!) tapi memang di depot itu yang paling ramai! Nah yang oke di depot ini adalah dendeng ragi ..  ukurannya besar banget dan enak!

Masih penasaran dengan yang namanya ceker pedas, di Bondowoso cara masaknya beda dengan Surabaya. Kalau di Surabaya, rata-rata ceker pedas itu di bumbu kecap. Penelusuran ceker pedas Bondowoso masih dilanjutkan he he he

Selanjutnya saya coba cari CEKER PEDAS BU ERNA yang kabarnya ada di daerah KONCER BONDOWOSO. Setelah muter-muter akhirnya ketemu!! Yess mission accomplished!
Bu Erna dan Ceker Pedas Sambal Ijo

Kali ini saya bilang TOP MARKOTOP MAK NYUSS!! hahaha .. ini recommended bangettt! Meski tempatnya agak nyempil dari kota Bondowoso, tepatnya pas di tikungan setelah jembatan yang mau ke arah Koncer.

Jangan dikira ya depotnya besar, Bu Erna yang asli Lamongan dan besar di Surabaya ini, membuka warungnya di pinggir jalan Koncer, warungnya sih kecil tapi masakannya Josh gandhoss woyo woyo hahaha (maafkeun ya tulisannya lebay). Buka mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Saya bertemu Bu Erna pada kunjungan kedua di warungnya. Perempuan ayu asli jawa ini mengaku sudah lima tahun menjalankan usaha kuliner. Nah usut punya usut, saya jadi ingat dengan masakan khas Lamongan .. cuma lupa namanya. Intinya Ceker Pedas Bondowoso ini, menurut saya merupakan akulturasi budaya antara Lamongan dan Bondowoso!


Ada macam-macam Soto juga!

Duluuu sekali waktu saya kerja di Gresik, salah seorang teman berasal dari Lamongan, dan selalu membawa menu yang mirip-mirip Ceker Pedas Bondowoso rasanya. Berkuah santan kental dan gurih.

Bedanya dengan Ceker Pedas Bondowoso ala Bu Erna ini, meski menggunakan santan, rasanya tetep segar, tidak seperti kare ayam yang kental dan bikin eneg. Bumbu dan rempahnya terasa sekali, bahkan dalam sup cekernya ada bawang putih utuh yang ikut tersajikan

Oh ya .. kemarin Bu Erna juga mengenalkan menu baru di warungnya .. CEKER SAMBEL IJO .. aduhhh sumpaah pedesssss bangett tapi tetep deh enaak hehehe.. penasaran?? yuk mampir ke Ceker Pedas Bu Erna di Koncer Bondowoso

Ceker Pedas Sambal Ijo
How to Go there ?
Kalau anda dari arah Kota Jember, sampai di Bundaran Nangkaan, ambil jalan ke kanan - arah jalan Santawi, lurus mentog sampai ketemu pertigaan bundaran Koncer - Tamansari (pas didepan kantor Pajak Bondowoso bundarannya) lalu belok kanan melewati jembatan Koncer. 

Nah sebelum tikungan tajam yang ke arah koncer kurangi kecepatan (tikungannya belok kiri) tengok ke arah kanan, ada warung Bu Erna rombong alumunium di sebelah kanan jalan.

Kalau anda dari arah Kota Bondowoso, ambil jalan A-Yani ke arah Jember, lalu sampai di Nangkaan belok kiri, ke arah jalan Santawi .. selanjutnya arahnya sama!

Okay selamat mencoba dan berwisata kuliner ya!


Share this:

CONVERSATION

2 komentar:

  1. aku jg sukanya ceker kalo dimasak ga terlalu encer, tp jg ga kentel2 bgt mba.. kyk foto di atas.. kalo keenceran malah ga doyan.. biasanya kalo pgn ceker, dimasakin ama ART ku sih.. kebetulan dia jago, dan pedeees sesuai seleraku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ini cekernya seger meski pake santen :) .. ahh pagi-pagi jadi pengen ceker

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)