Pages

Sate Ayam Van Belanda

Sate Ayam ala Belanda

Sudah empat hari saya disini, menikmati suasana baru yang belum pernah saya alami sebelumnya. Ya kampung suami .. Amsterdam Belanda. 

Seperti pesan-pesan yang dia tuliskan sejak saya masih di Bondowoso, bahwa dia mau makan-makanan Indonesia jika saya berkunjung ke Belanda, he he he maunya dimasakin menu Indonesia tiap hari

Okey gara-gara ngiler sama sate ayam Ponorogo, yang dia pernah makan waktu berkunjung ke Surabaya, so sejak dia menjemput saya di bandara Schippol, sudah pingin cepet-cepet bikin sate ayam... hmm orang ngidam kalah nih sama dia. 

Bukan cuma suami, tapi mertua juga sama, kangen sama makanan Indonesia katanya! Alhamdulillah saya belajar masak sudah sejak pertama kuliah, dan sering masak baik waktu masih kos di Surabaya, atau di rumah Bondowoso.. cerita "belajar masak" selepas nikah sepertinya bukan jatah saya deh he he he #sombong xixixixi :p

Well biar mudah masak bumbu satenya, saya sudah siap dengan bumbu pecel Bu Hasim yang terkenal di kampung saya, selain untuk bikin bumbu sate, suami dan mama mertua doyan banget sama pecel, wis pokoknya lidah Indonesia bangett!
Panggangan  Roti jadi Panggangan Sate


Hari kedua di Belanda, saya diajak suami belanja daging di Tangier supermarket halal milik orang Turkey .. Ada satu bahan yang lupa saya bawa .. PETIS UDANG .. sempat takut sih gak ada bahan ini, tapi menurut Mbak Nadie yang sudah lama tinggal dan pindah-pindah dari negara satu ke negara lain, bumbu Indonesia itu mudah ditemukan di luar negeri, apalagi Belanda!
Petis Udang

Ya ampunn .. sepanjang jalan saya tercengang-cengang karena gampang sekali mencari produk-produk Indonesia! bahkan Indomie sampe mie sedap itu adaaa kawan! *lebaayy ekspresinya*... hehe. Saya seperti gak sedang di luar negeri, karena semua produk Indonesia hampir mudah ditemui meski kemasan dan merknya berbeda.. tapi teteup itu Indonesia punya doong!

Nyobain Mie Sedap :D

Upss kepanjangan ya ceritanya .. saking excited -nya sayah! oke-oke ini dia sate ayam pertama saya di Belanda, bahan yang saya pakai :

1. Daging Ayam Fillet 1,5kg dari Supermarket Tangier
2. Tusuk Sate di supermarket juga ada 
3. Bumbu Pecel Bu Hasim dari Bondowoso
4. Garlic Powder alias Serbuk Bawang Putih, Ketumbar bubuk, garam, merica
5. Petis udang hitam dari supermarket (disebutnya terasi francise)
6. Kecap Kental Manis Bango (mereknya lain)
7. Minyak Zaitun

Cuci bersih daging ayam, kemudian potong-potong sesuai selera, taburi dengan serbuk bawang putih dan atau serbuk ketumbar + garam, kemudian susun rapi pada tusukan sate taburi dengan serbuk bawang putih dan atau serbuk ketumbar + garam

Bumbu Olesan :

Saya buat 2 versi bumbu olesan, yang pertama dikasih ketumbar (biasanya untuk sate sapi) dan yang satu lagi cuma dengan serbuk garlic (bawang putih)

Campurkan Kecap manis + petis udang + garlic powder + minyak zaitun (boleh minyak sayur) tambahkan sedikit air supaya tidak terlalu kental, lalu oleskan pada daging ayam sebelum dipanggang.


Sate Ayam

Tak ada panggangan maka panggangan rotipun jadi hehehe ... Setelah menunggu kurang lebih 15 menit, saya mulai memanggang.. hmmm aromanyaa serasa pulang ke Bondowoso.


Bumbu Sate

Selesai main bakar-bakaran, sekarang saatnya meyiapkan saos satenya, saya ambil bumbu pecel bu Hasyim, meski rasanya sedikit manis asam tapi tak apalah .. daripada saya bikin dari awal .. pusing pala barbie hehehe.. 

Kemudian tambhakan petis udang, garlic powder, kecap manis, garam secukupnya dan campurkan dengan air panas, aduk rata ..

Sippp.. rasanya okee! 

Kecap Bango

Saya sempat deg-degan juga, karena takut gak pas di lidah suami dan mertua. Saya masaknya terlalu sore .. eh ternyata mereka pagi cuma sarapan roti atau cereal, siang baru makan berat, malam juga. 

Mama mertua saya masih ada kegiatan di luar rumah, dan pulang sekitar jam 4 sore. Waktu dia lihat ada sate, langsung deh dia masak nasi .. duhh tahu gak sih saya sudah kangen nasi sejak dua hari lalu, eh suami malah iseng menyembunyikan beras dan gak mengijinkan saya makan nasi hahahaha katanya harus dieeet ..ohh tidak!

Terus terang kepala saya pusing kalo gak makan nasi. Oh mama engkaulah pahlawanku, akhirnya aku bisa makan nasi hihihi .. Berasnya beda dengan Indonesia, ini beras Basmati, beras yang biasa dipakai di kawasan Ampel Surabaya untuk menu masakan timur tengah atau masakan India.

Gak Ada Nasi .. mie pun jadi :D

Eh iya mama minta dibikinkan sayur .. hmm ada bayam di kulkas, cepet-cepet saya masak tumis bayam plus jamur merang. Oke Nasi siap .. sate sudah diangetin di microwave .. bumbu sate sudah ready .. 

Beehh kaget lihat mama mertua makannya banyak hahaha .. nasinya boo 2 emberr xixiix *lebay lagi. trus dia ambil sate dan bumbunya, saya bilang kalo punya jeruk nipis tambah enak di kecrutin (ini bahasa apa ya hahaha) .. 

Dannn... jreng jrennngggg... mama saya ketawa supper happyyy sambil keplok keplok kaya Pak Tarno .. hihihi katanya Ohh Erickaaa Lekkkerrr ... Super Lekkerr .. gimana kamu bisa masak seenak ini.. seperti ketemu surga setelah seharian kedinginan di luar rumah .. sambil memeluk saya senang!

eet smakelijk mijn docther .. selamat makan mantukuu katanya tersenyum lebar .. duhh nyees rasanya hahaha .. Alhamdulillah satu poin saya dapat! yeay lalu saya pergi tidur karena masih jetlag waktu di Indonesia sudah jam 11 malem .. ach!

Dan tau gak sih pas saya bangun sekitar jam 9 malam waktu Belanda .. sateenya udah abiiss .. mama pulang dari gereja .. dan saya tahu siapa pelakunya! hahaha pasti suami yang nyolong satenya .. 

Share this:

CONVERSATION

2 komentar:

  1. Tentunya asik kalau bisa menikmati masakan Indonesia disini ya mbak. Patut bersyukur karena di Belanda ini cukup lengkap bumbu2 masakan Asianya, kalau gak wis garuk2 lemah aku hahaha... Sudah pernah ke Amazing Oriental belum? Itu AMAZING bener.. gampang masuk, gak gampang keluar haha soalnya galau disana mana yang mau dibawa pulang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku pikir kalo di Belanda bakalan susah cari bumbu empon-empon hihihi .. eh ternyata banyaak, sak kedondong juga ada :D. Aku masih belum banyak tahu mbak tempat-tempat jualan produk Asia, cuma 2 bulan di Belanda hehehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)