Pages

ABC Banana Leaf Resto : Seni Makan Nasi Daun India

Banana Leaf  ABC India Resto

Mengunjungi Malaysia untuk yang kesekian kalinya, tetap menjadi acara yang menyenangkan bagi saya. Selain atmosfer budaya yang majemuk, Malaysia juga surga kuliner dari berbagai rasa.

Hal yang paling saya rindukan dari Malaysia adalah Teh Tarik dan Roti Canai nya. Nah short trip kali ini, saya diajak mengunjungi salah satu Resto India, ABC Banana Leaf disekitaran Masjid India Kuala Lumpur.

Ini adalah pengalaman pertama bagi saya, mengunjungi resto India yang menggunakan daun pisang sebagai alas makannya. Sebelumnya saya juga mengunjungi beberapa resto India, baik yang dari India Utara maupun India Selatan, bahkan saya juga sempat mengunjungi resto India - Afghanistan di Singapore.

Daun Pisang Muda

Well .. saya memang penggemar film India, hehee dan juga masih punya cita-cita berkunjung ke India, seperti "guru blogger" saya si Alid Abdul .. disini nih blognya dia . Kalau makanan India, saya ngefans sejak pertama berkunjung ke Malaysia di tahun 2012 lalu.

Nah sekarang yuk kita cerita tentang Banana Leaf Resto. Resto ini terbilang cukup ramai waktu saya kesana, kalau untuk letaknya dimana .. hehe saya gak ngerti harus lewat mana, karena saat itu saya dipandu sahabat baik yang juga mentraktir saya makan di Resto ini.

Serving the Food

Beautiful Devi :)

Sebelum ke resto ini, kita jalan-jalan ke Central Market Kuala Lumpur, setelah itu menuju areal masjid India dan pasar tumpah di sekitaran Masjid India. Duhh senangnya liat kain-kain di pertokoan dekat Masjid Jamik India, warna dan motifnya cantik-cantik.

Setelah puas berkeliling, kami memutuskan untuk makan siang, sesuai dengan rencana awal, kita akan mencicipi menu di Banana Leaf Resto. Awalnya sih kita mau makan di sekitar Bangsar, tapi keburu lapar .. ya sudahlah beruntung kita ketemu resto ABC ini.

ABC Banana Leaf Resto - Kuala Lumpur
So kawan .. berdasarkan hasil browsing, resto India yang menyajikan makanan diatas daun pisang ini, konon katanya merupakan budaya dari daerah India Selatan, menu-menu yang mereka sajikan kebanyakan menggunakan banyak rempah dan santan dibanding menu dari India Utara.

Ketika kami datang, mereka akan menyodorkan menu makanan dan minuman, setelah memilih menu, mereka akan menyajikan satu lembar daun pisang ukuran mini (kurang lebih 50 cm), satu mangkuk cucian tangan. 
Siapa yang gak Jaim kalo Pelayannya kaya ini :D :P

Beberapa menit kemudian, pelayan akan membawa bakul nasi, dan akan menyajikan nasi diatas daun pisang. Oh ya .. porsi makanan yang disajikan di resto India, untuk ukuran saya sangatlah besar, jadi jika porsi makan anda juga tidak banyak, sebaiknya mintalah mengurangi porsi nasinya.

Another Customers Finished Their Food

Budaya orang India, mereka tidak biasa meninggalkan piring dengan makanan tersisa, mereka PASTI akan menghabiskan menu yang disajikan dalam piringnya, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. 

ABC food RESTO - Kuala Lumpur Malaysia

Setelah nasi tersaji, berurutan mereka akan menyajikan sayur mayur, kari dan lauknya. Hmmm menunya lazizz bikin lidah bergoyang, apalagi ditambah kari ketam (kepiting) yang dipesan oleh Devi, makan siang semakin mantab. 

Minumnya kami pesan Mango Lassi, sejenis minuman fermentasi mangga - yoghurt dingin, rasanya passs dilidah setelah menu kari yang kental. Berdasarkan info yang saya browsing tentang cara makan Nasi Daun, sebaiknya mengambil sayur mayurnya searah jarum jam. 

Mango Lassi

Makan nasi daun lebih nikmat dengan tangan, bahkan ada teknik khusus bagaimana makan dengan tangan meskipun berkuah! Sepertinya hanya orang India yang bisa he he he.

Menu Nasi Daun India ini dinilai sebagai salah satu menu yang eco friendly, karena sekali pakai, sehat dan bisa didaur ulang. Selain itu, makanan yang disajikan diatas daun pisang juga mempunyai aroma khas yang tidak bisa didapatkan dari pinggan lain.

Melipat Daun ke Arah Anda, berarti menyukai makanan yang disajikan

Lalu ketika selesai makan, ada "hidden ethic code" atau kode etik bagaimana kita mengapresiasi menu yang disajikan. Jika anda suka dengan menu yang disajikan, maka lipatlah daun pisang kearah anda, tapi jika anda tidak menyukai makanannya, maka lipatlah keatas, dan jika anda tidak tahu kode ini, maka membiarkan daun tetap terbuka juga tidak masalah.

Nah .. itu tadi seni makan nasi daun ala India, semoga menginspirasi anda .. :) simak juga video ini ya tentang Banana Leaf

Share this:

CONVERSATION

9 komentar:

  1. Aaahh u remembered what i said to u about folding the banana leaf .. missing our food hunting.. it was really delicious with mango lassi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa for sure Devi .. that's the art of Eating Banana Leaf ya :D .. Thank you for introducing me to this beautiful culture! Hmmm I miss that Lassi as well :D

      Delete
  2. Maafkeun ya Mbak Fani .. commentnya gak sengaja ke delete, antara mata dan tangan sudah gak kompromi :( .. saya posting ulang disini ya :) terima kasih

    Fanny f nila has left a new comment on your post "ABC Banana Leaf Resto : Seni Makan Nasi Daun India...":

    Jiaaaahhhh aku malah g tau resto ini pdhl pernah tinggal di sana :D. Kalo ntr reunian ama temen2 kuliah di sana, aku mw cari mbak :D. Makanan india trmasuk yg paling aku suka.. Apalagi jaman kos dulu, cm makanan india yg paling ngenyangin utk mahasiswa , udh porsi gede, dan murah :D.

    ReplyDelete
  3. wah ternayta kuliner india juga ada yg makannya pakai daun pisang ya, baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Tira :) ada banyak jenis kuliner india yang unik-unik

      Delete
  4. Ternyata India juga punya makanan yang disajikan dengan daun pisang ya mbak. Alas daun pisang emang mengundang selera makanm,TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :) rasanya endesss :D apalagi dapet view tepi sawah

      Delete
  5. Unik yaaa, jadi inget acara selamatan di kampung yg makan nya pake daun pisang gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa :) lebih sehat dan alami :D apalagi kalo ada ulet keikut makan hihihi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)