Pages

Lontong Kikil Legendaris Bondowoso

Lontong Kikil Legendaris Bondowoso

Ditanya menu khas kota Bondowoso, biasanya orang hanya menjawab tape, padahal ada banyak makanan yang bisa dicoba ketika berkunjung ke Bondowoso, salah satunya adalah lontong kikil.

Lontong kikil adalah makanan yang juga sering kita jumpai di beberapa kota di Jawa Timur, seperti di Kota Jombang, Surabaya, Mojokerto dan Lamongan. Lalu apa yang khas dari Bondowoso ?

Sop Kikil Bondowoso, kuahnya tidak terlalu keruh, dan rasanya segar, bahan kikil yang digunakan juga lebih banyak ototnya dibanding gajih atau lemak yang bergelambir! he he he, jadi pas makannya juga nggak eneg.


Mas nya ganteng yaah hihihihi ..

Oh ya .. kalau ada yang belum tahu apa itu Kikil .. ini adalah bagian dari otot sapi, biasanya di bagian tulang kaki. Warnanya bening dan kenyal, meskipun setelah di masak, warnanya tidak terlalu banyak berubah, tapi ingat ya .. jenis makanan ini termasuk yang ber-koleterol tinggi .. jadi imbangi dengan minum jeruk hangat plus olahraga!


Pertama kali kenal menu ini pas masih duduk di sekolah dasar negeri Dabasah 7 Bondowoso, ada penjual lontong kikil yang selalu mangkal di depan sekolah saya, namanya Pak Jum. Menjelang jam istirahat, aroma sedap sop kikil mulai menyeruak melewati pagar sekolah, membuat perut yang sudah lapar semakin keroncongan.

Lontong Kikil Legendaris Bondowoso

Rasanya sedap dan kikilnya juga empuk, warna kuahnya kuning kunyit segar! Saya harus mengumpulkan uang saku selama kurang lebih 3 - 4 hari agar bisa membeli semangkuk lontong kikil. Biasanya hari Jumat adalah hari istimewaaaah .. pulang lebih awal, tabungan uang jajan cukup untuk semangkok sup kikil.. ahh bahagianya!

Well .. ehh kenangannya ditutup dulu ya.. takut membuka kenangan lainnya hi hi hi. Sekarang lontong kikil yang saya nikmati adalah karya Pak Desi, yang sudah tiga generasi menjalankan bisnis kuliner ini. Saat ini usahanya diserahkan kepada anaknya yang ganteng .. upps saya lupa tanya nama masnya!

Lokasinya tepat di pinggir jalan Sekar Putih - Tegal Ampel, di depan gudang tembakau milik salah seorang pengusaha rokok terkenal di daerah Maesan Bondowoso. Sebelah barat lapangan Kironggo (samping lapangan Kironggo, lebih jelasnya)

Warung yang sangat Bersahaja!

Satu mangkok lontong kikil dibandrol seharga 6 ribu! muraaaah nyaaa kaan .. bisa-bisa anda makan selusin mangkok sup kikil hihihi #nomention! Ada yang bilang rasanya kurang asin, tapi di meja sudah disediakan garam meja dan jeruk nipis untuk menambah rasa sesuai selera.... rasanya cukup perih untuk menaburi luka yang tak kunjung sembuh .. ihikk jangan baper!


Oh yaa.. jangan salah masuk warung yaa.. karena jika anda dari arah kota, trus menuju ke arah Sekarputih, di sepanjang jalan itu juga banyak orang yang jualan lontong kikil, tapi menurut mas-nya yang mirip pemeran sinetron Lupus di era akhir 90-an ini, yang asli ya cuma ini.

Memang sempat ada salah satu pegawai bapak yang awalnya ikut bekerja, kemudian mengadu nasib dengan membuka peluang usaha sendiri. Begitu jelasnya! Saya sih belum pernah coba yang lain, jadi gak bisa judging ya..  cuma rata-rata para tetangga merekom Lontong Kikil Pak Desi ini, yang lebih dikenal dengan sebutan Lontong Kikil Tegal Ampel.

Nah yukk kesana .. eits jam bukanya cuma pagi ya, dari jam 8 - jam 2 siang, pas buat sarapan dan makan siang, tapi kalau pas bulan Ramadhan, bukanya dari jam 2 siang sampe malem .. hmm sedappp!

Share this:

CONVERSATION

4 komentar:

  1. jadi penasaran arsanya , kapan bisa ke sana ya nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedep sedep seger mbak Tira hehehe, yuk yuk kapan main ke Bondowoso sekalian ke Kawah Ijen :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)