Pages

Martabak Daging Mini

Martabak Daging Mini

Menemukan koleksi foto lama, jadi inget masih banyak "hutang nulis" yang belum diselesaikan. Nah mumpung sekarang lagi Ramadhan, pasti suka bikin cemilan untuk takjil berbuka

Kali ini saya akan share cara bikin martabak daging mini. Menu ini adalah salah satu menu favorit suami, yang ketagihan bin doyan dibikinin jajanan ini pas saya berkunjung summer 2016 kemarin.

Ceritanya nih .. suami doyan banget sama yang namanya lumpia roll, dia suka beli kemasan frozen-nya, tapi kadang rasanya suka tengik dan neg. Trus saya bilang beli aja sendiri kulit lumpianya, ntar masak sendiri aja!

My Photographer hi hi hi
Dan berangkatlah kita ke salah satu supermarket terdekat, beli bahan-bahan untuk lumpia roll, tapi sayangnya untuk lumpia roll-nya gak kepikiran untuk "diabadikan" he he he karena udah langsung ludess setiap kali bikin.

Okee .. langsung ya sekarang kita bikin martabak, karena stok kulit lumpia masih banyak, dan suami baru beli daging giling, trus juga ada serutan wortel yang masih belum terpakai dari albert heijn (salah satu nama supermarket di Belanda) 

Ide martabak mini ini, saya dapat dari ibu-ibu penjual gorengan di sekitar kawasan Ampel Surabaya, kalau anda pernah jalan-jalan ke kawasan ampel, pasti gak asing dengan sebutan martabak mie, bentuknya kotak, isinya mie bihun pedas.



Kali ini isiannya saya ganti dengan daging giling dicampur wortel. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat isian martabak mini ini ? Simak catatan berikut ya :

1/2 kg daging giling
1 buah bawang bombay
3 siung bawang putih (saya pakai bubuk bawang putih)
1 sdt bubuk lada hitam (lada putih juga boleh)
2 sdm saos tiram
1 sdm kecap
garam secukupnya
minyak zaitun untuk menumis (minyak sayur juga boleh)

Pasangannya cocok sama cabe rawit ... uhh nendang!

Sebenarnya sih saya asal cemplung aja hehehe.. tapi gampang kok .. cincang bawang bombay dan bawang putih, kemudian tumis sampai harum, masukkan saos tiram, lada hitam dan kecap, baru potongan wortel dan terakhir dagingnya.

Tambahkan sedikit air, agar semua bumbu lebih tercampur sempurna, panaskan sampai airnya menguap dan daging sedikit kering, koreksi rasa jangan lupa.



Nah sekarang tinggal mengisi kulit lumpia. Ukuran yang saya pakai cuma pakai ilmu kira-kira, karena kulit lumpianya lumayan besar, maka saya bagi menjadi empat bagian, lalu masukkan daging di tengah-tengah kulit lumpia, lipat sepeti melipat amplop, dan oleskan air untuk merekatkan
Goreng dengan Minyak Panas

Selanjutnya panaskan minyak dan goreng martabak mini hingga warnanya berubah menjadi coklat ke-emasan, sajikan dengan cocolan saos bangkok ..hmmm nyam nyam deh!

Selamat mencoba!

Share this:

CONVERSATION

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)