Pages

Bondowoso the hidden paradise



Bondowoso the hidden paradise

Padang Savana Kawah Wurung Bondowoso - SS Photo
Meminjam tagline dari seorang turis asing, yang pertama kali berkunjung ke Bondowoso, dia langsung mengucapkan kata The hidden paradise – Surga tersembunyi untuk Kota Bondowoso. Lalu apa yang menarik di Bondowoso, hingga layak menyandang tagline tersebut ?

Bondowoso, sebuah kota kecil di timur pulau Jawa, sekitar ± 225 km dari Surabaya, sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan Kota Tape, ada pula yang mengenal sebagai Kota Pensiun yang sepi. Untuk memasuki kota Bondowoso, bisa dicapai dari tiga penjuru kota, dari arah Besuki, jarak tempuh sekitar ±35 km, melewati hutan jati Arak-arak, yang menyuguhkan keindahan panorama puncak dengan jalan yang meliuk-liuk. Jika kita datang pada musim hujan, hutan jati arak-arak akan terlihat teduh dan rindang, sedangkan pada musim kemarau, daun-daun mulai meranggas, 


Land Mark Kota Bondowoso
Hutan Arak-arak merupakan perbatasan antara Kota Bondowoso dan Kota Besuki, hutan ini terletak di Kecamatan Wringin, di Kecamatan ini pula, ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah pemandangan arak-arak, air terjun Tancak Kembar, dan beberapa situs purbakala.

Dari arah Jember, Bondowoso dapat ditempuh sekitar 45 menit dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, dengan jarak tempuh ± 36 km, sedangkan dari arah Situbondo jarak tempuhnya sama dengan Besuki, yaitu sekitar ± 35 km. Kebanyakan pengunjung Kota Bondowoso, lebih memilih masuk dari arah Situbondo, hal ini dikarenakan, pengunjung datang dari arah pulau Bali yang menyeberang via pelabuhan Gilimanuk – Ketapang, dan lokasi wisata alam Kawah Ijen, lebih dekat dari arah Situbondo.

The Smiling Mountain - Gunung Argopuro Bondowoso
Kalau kita telusuri, Bondowoso tidak hanya punya Kawah Ijen, justru potensi alam disekitar kawah Ijen, jauh lebih dahsyat, selain masih alami juga menantang adrenalin, karena kondisi jalan yang masih setapak, dan jauh dari keramaian. Bagi wisatawan yang menginginkan suasana sejuk, tenang, dan jauh dari polusi, beberapa kawasan seperti Kawah Wurung, Jabal Kirmit, Guest House Ijen, pemandian air panas Belawan, Agrowisata strawberry Jampit, dan Situs purba megalitik yang terletak di kawasan Kecamatan Cermee bisa menjadi pilihan selain Kawah Ijen.
Berada di ketinggian 78 hingga 2.300 meter dpl (diatas permukaan air laut) menjadikan Bondowoso memiliki suhu udara sejuk berkisar antara 15oC – 25oC, yang dikelilingi oleh pegunungan dari segala penjuru. Jika dilihat dari udara, Kota Bondowoso persis seperti sebuah mangkok, yang menyerupai lembah diantara pegunungan. Dari kondisi geografis inilah, Kota Bondowoso jarang dikenal, karena bukan merupakan kota penghubung transportasi antar kota lainnya, meski berbatasan dengan 3 Kota, seperti Situbondo, Jember dan Banyuwangi.
Batu Megalitikum Solor  Cermee  - Firman Fitriyadi
Pantas saja, turis asing tadi menyebut Kota Bondowoso sebagai The hidden paradise, karena setiap mata memandang, yang terhampar adalah warna hijau pegunungan, udara segar, kicau burung bersahutan, dan langit biru yang cerah. Di sebelah barat terlihat puncak gunung Argopuro, dan jika terkena sinar mentari pagi, nampak silhuet senyum “The Smiling Mountain”  diantara lerengnya, sedangkan di sebelah timur adalah gunung Raung, ketika senja menjelang, silhuet garis tegasnya menyerupai putri yang sedang tidur. Suasana sejuk menambah romantis Kota Bondowoso di senja hari.
Persawahan Bondowoso - SS Photo
Jika anda ingin berkunjung ke kota ini, pastikan anda memulai perjalanan sepagi mungkin, karena bus umum yang langsung ke Bondowoso, hanya tersedia hingga jam 10 malam, itupun untung-untungan kalau bis nya pas jalan. Ilustrasi transportasi yang bisa dipilih diantaranya :
Via Terminal Purabaya – Surabaya :
Perjalanan +/- 4 – 5 jam tergantung lalu lintas
  1. Bis Jurusan Surabaya – Bondowoso
  2. Bis Jurusan Surabaya – Banyuwangi / Situbondo / Probolinggo → Terminal Banyuangga Probolinggo (ganti bis ke Bondowoso) → Kota Bondowoso
  3. Jurusan Surabaya – Jember → Terminal Kota Jember → Sub Terminal Arjasa → Bondowoso
Via Travel Car :
Perjalanan +/- 4-5 jam tergantung lalu lintas
  1. Cipaganti Travel, telp. 031-5460302,
      Jl. Arjuno Surabaya, harga tiket Rp. 90.000/person
    1. Keberangkatan Pagi : 05.00 WIB
    2. Keberangkatan Sore : 15.00 WIB
  1. Bali Prima Travel, telp. 031- 5995521
      Jl. Kalidami Jojoran Surabaya, harga tiket Rp. 85.000/person
    1. Keberangkatan pagi      : 05.00 WIB
    2. Keberangkatan sore     : 15.00 WIB
    3. Keberangkatan malam : 22.00 WIB
Dari foto-foto yang ditampilkan, apakah masih belum percaya dengan tag line The Hidden Paradise..?? kalau belum buktikan sendiri … ;)

Share this:

CONVERSATION

17 komentar:

  1. permisi mbak, lain kali ajak ke kawah wurung dan batu megalithikum dong... masih penasaran nih :D

    ReplyDelete
  2. Great Posting and promotion... objek wisata budaya juga dimuat dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks :) oke segera menyusul tulisan yang lain

      Delete
  3. mantafffff.... dilanjut upload lg yg lain...
    sperti : perkebunan Jampit, tancak kembar, kawah ijen, dll...
    salam kenal mbak.... salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas dolannya :)
      untuk yang kawah ijen ada kok liputannya :D

      ok salam kenal juga

      Delete
  4. mantafffff.... dilanjut upload lg yg lain...
    sperti : perkebunan Jampit, tancak kembar, kawah ijen, dll...
    salam kenal mbak.... salam...

    ReplyDelete
  5. Liputan tentang gua buto nya donk ... beberapa kali ke cereme ga ketemu tuh goa ... salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas fauzan :)

      Ok nanti saya coba kesana dulu ya atau mungkin saya tanya teman2, nanti saya tulis hehe, tulisan selanjutnya Jabal Kirmit :) terima kasih sudah berkunjung ya

      Delete
  6. Peninggalan megalitikum di Solor apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu banyak apa saja, silahkan di cek langsung ya :)

      Delete
  7. Aswrwb. Salam kenal mbak Ericka. Artikel promosi Bondowoso yang bagus sekali. Dulu saya tahun 2006 - 2007 sempat punya Canny Travel Services. Sekarang lagi mandek. Rasanya ingin melanjutkan kembali tetapi masih terdampar di Bali nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam terima kasih sudah berkunjung, semoga kedepan bisa lebih sukses. tapi maaf ini dengan siapa ya namanya? :) terima kasih

      Delete
    2. Saya, Canny Bhakti Rahardja ...

      Delete
  8. numpang tanya ya mbg... kalo bis dari bondowoso ke malang brapa ya?...makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf kurang tahu pasti mbak :) mungkin sekitar kurang dari 50ribu untuk ekonomi

      Delete
  9. salam kenal mbak ericka. bener ya skarang bis dari terminal bungurasih langsung ke bondowoso pp setiap 30 menit? itu katanya 2 wisman di travel forum LP taon ini. Setau saya cara yang gampang ke bondowoso dari boyo oper di probolinggo tapi jangan sampe kesorean.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)