Pages

Berburu Jamu Ramuan Asli Madura

Aneka Ramuan Madura Hj. Tusmiyati - Sumenep

Indonesia terutama pulau Jawa, memang dikenal dengan beragam budaya dan tradisi yang telah berabad-abad dimiliki, dan sekarang menjadi warisan leluhur bagi generasi selanjutnya, salah satunya ialah Jamu Tradisional.

Jamu Tradisional, merupakan warisan nenek moyang kita dalam bidang kesehatan. Jamu telah menjadi salah satu herritage bagi Indonesia selain Batik, dan dikenal manfaatnya bukan hanya di tingkat nasional tapi juga hingga mancanegara.

Kemampuan bangsa ini mengolah aneka rempah dan tanaman ciptaan Tuhan, yang tumbuh subur di Indonesia, menjadi sebuah produk pengobatan bagi dunia kesehatan, tentunya membuat kita sebagai generasi muda bangga. Tapi sayangnya, hanya sedikit dari generasi muda yang peduli dengan keahlian yang satu ini.

Akhir bulan Juni lalu, saya mendapat e-mail dari seorang tourist asal Polandia, yang menginginkan jasa tour guide saya, meminta informasi dimana memperoleh ramuan Madura Stick.. atau lebih dikenal dengan tongkat madura.
Display Aneka Jamu Traditional Hj. Hayati - Sampang

Jujur waktu itu saya benar-benar tidak paham, dan belum pernah tahu apa itu tongkat madura, saya pikir itu kopi he he he. Memang Madura dikenal dengan ramuannya, tapi saya baru tahu dengan istilah tongkat madura dari turis ini.

Sebut saja nama turis ini Grace, perempuan yang sudah berumur, kurang lebih umurnya sudah 65 tahunan keatas, tapi masih sangat enerjik, berbadan mungil ramping, dan ngakunya masih aktif berhubungan suami istri! ..omehoot hahaha

Grace akan datang bulan Juli, dia meminta saya melakukan survey tour terlebih dahulu, untuk menghemat waktu, sebelum dia datang ke Indonesia. Ya sudahlah saya dengan senang hati melakukan survey lapangan ke Madura.. (baca : survey berbayar :D)

Mulai dari Sampang sampai Sumenep, saya susuri kota demi kota, mencari informasi dan tempat produsen tongkat madura langsung. Untung saya punya ilmu dari detektif Conan dan survey lapangan dari Pramuka pas SMA hihihi, jadi pencarian produk yang dimaksud dengan mudah saya peroleh.

Ruang Tamu dengan Ukiran khas Madura

Sungguh beruntungnya saya, karena dengan pekerjaan ini, saya memperoleh banyak ilmu, pengalaman, dan juga lebih mengenal tentang Indonesia! plus-nya lagi, bisa refreshing jalan-jalan, ketika jenuh mainan kain di mimamia hi hi hi... Alhamdulillah ya.

Oke sekarang lanjut ke jamu-jamuan di Madura. Ilmu mengolah jamu, kebanyakan dimiliki oleh orang-orang yang masih punya hubungan darah, atau pernah menjadi bagian dari Keluarga Keraton / Kerajaan di Madura (baca : keluarga keraton dan abdi dalem)

Jika kita sedikit menoleh pada sejarah, ada banyak kerajaan yang pernah memerintah di setiap kota di Madura. Setiap kerajaan pasti mempunyai Tabib Kerajaan, yang bertugas sebagai "dokter" sekaligus "apoteker" untuk Raja dan rakyatnya. Setiap kota di Madura, mempunyai ramuan jamu yang khas, meski pada dasarnya bahan-bahan yang digunakan masih sama.

Dalam perjalanan ini, saya dipertemukan Allah dengan beberapa pengrajin jamu, mulai dari Sampang, Pamekasan, hingga ke Sumenep. Dari tiga kota inilah, sebagian besar para pengrajin jamu berasal. Bahkan di Kota Sumenep, ada beberapa nama yang sudah sangat dikenal karena ramuannya.

Turis saya dan Pengrajin Jamu di Sumenep

Naah si nenek lincah ini, girangnya bukan main, karena saya berhasil menemukan beberapa sentra pembuatan jamu madura, berkunjung dari satu produsen ke produsen lain, bertanya tentang produk dan manfaatnya, bagaimana cara pakainya, dan juga bahan bakunya ..

Eittss tapi pertanyaan yang terakhir itu bahaya! Memang alasan si Grace ingin tahu ingredients nya itu untuk pendaftaran produk di negaranya, tapi kita juga harus waspada terhadap "akal bulus" orang asing he he he. 

Karena mereka juga ingin produksi sendiri, dengan alasan produk lokal kita kurang higienis, dan kemasannya kurang bagus. Saya merasa kasihan kepada para pelaku UKM ini, kadang mereka ada yang polos membuka "rahasia ramuannya" tapi ada juga yang sudah pintar, tidak membagi ramuannya sembarangan.

Akhirnya saya berinisiatif memberi tahu produsen, untuk berhati-hati membagi resep, karena orang ini berkemungkinan besar akan produksi sendiri, untungnya saya bisa bahasa Madura tak iyeh hehehe .. jadi tanpa menyakiti perasaan turis saya, produsen jamu manggut-manggut mengerti.

Oh ya kawan .. canggihnya lagi tentang jamu madura ini, .. siapa saja boleh meniru dan membuat jamu dengan bahan yang sama, tapi ada sisi lain yang tidak bisa ditiru. Orang Madura percaya bahwa membuat jamu, bukan hanya keahlian meramu dan meracik bahan saja, tapi harus juga tahu memilih bahan terbaik untuk ramuannya. 
Main Sebentar di Dermaga Kalianget Sumenep Madura

Selain itu, hati dan jiwa yang bersih serta doa-doa yang dipanjatkan diiringi tirakat (mendekat kepada Allah) adalah kunci utama yang harus dilakukan sebelum membuat jamu.

Jadi jangan khawatir resep nenek moyang kita bakalan di copy paste oleh orang asing, meskipun mereka bisa menciptakan ribuan jamu dengan bahan yang sama, tapi tetap khasiat dan kemanjurannya ..punya bangsa kita lah yang nomor wahid! karena ada sisi ruhiyah dalam proses pembuatannya.

Akhir kata, si Budhe Grace memboyong puluhan tongkat madura untuk dibawa ke Polandia, ditunggu ya tulisan selanjutnya tentang Apa itu Tongkat Madura?!







Share this:

CONVERSATION

9 komentar:

  1. Mbah grace dibayangan saya sesosok yang tua banget.. Ternyata terlihat masih segerr...

    Jadi penasaran saya dengan tongkatnya.. Sampe2 mbah grace rela jaoh2 dari polan ke madura cuma untuk mborong tongkat madura.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :) orangnya mengamalkan pola hidup sehat bangett, hampir tiap hari dia cuma makan buah aja .. btw tahu gak sih apa itu tongkat madura hahaha hay!!

      Delete
  2. Penasaran sama rasa jamunya..biasa minum jamu gendong mbak2 waktu di Indonesia dl..sama yang buatan Sidomuncul..sejak pindah kesini..nggak pernah lagi..kangen minum jamu sehat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jamunya udah bentuk kaplet, pil ataupun kapsul mbak :) jadi gak seperti minum jamu gendong :D

      Delete
  3. tapi kelihatannya nenek grace masih seger dan lincah gitu mbak. Wah penasaran nih sama tongkat Madura, kira-kira apaan itu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha .. oke2 mbak lagi ditulis nih apa itu tongkat madura hehe ditunggu ya

      Delete
  4. ramuan madura bikin greng yaaaa, nenek2 makin lincah aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ... tergantung jamu apa yang diminum bang xixixi

      Delete
  5. Gara2 liat si nenek masih awet muda gitu, aku jd penasaran ama rahasianya ;p.. dia rajin minum jamu wet muda kali yaa, selain tongkat madura utk suaminya :D...hebaaat... aku aja baru tau ttg tongkat madura setelah baca ini mbak :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)