Pages

Pesona Almor - Rawa Indah di Timur Bondowoso

Rawa Indah Alas Sumur Pujer Bondowoso

Mengunjungi tempat wisata yang sedang happening disebut-sebut di Media Sosial, karena suasananya yang romantis dan juga hening membuat banyak orang Bondowoso datang ke tempat ini, Rawa Indah Alas Sumur atau lebih dikenal dengan ALMOR
Ancer-ancer menuju Almor


Entah dari mana asalnya singkatan nama itu, tapi membuat saya sangat tertarik untuk datang ke rawa ini. seharusnya tulisan tentang ALMOR, sudah muncul di Bulan Agustus, pas ketika Lebaran Idul Fitri, tapi karena kesibukan alias malas, jadilah tertunda hingga baru posting sekarang.

Angsa Asyik Berenang di Rawa 

Terletak di kawasan timur Bondowoso, tepatnya di Dusun Alas Sumur, Mengok - Taman Pujer Bondowoso, kurang lebih 25 km dari Kota Bondowoso. Kalau dari arah kota, lebih cepat lewat Koncer menuju arah ke Pakisan - Pujer.

Jalan Menuju Desa Mengok Pujer Bondowoso

Menurut salah seorang penjaga wisata ALMOR, rawa ini memang sudah ada sejak dulu, dikelola oleh warga kampung setempat sebagai tadah air untuk pengairan sawah dan ladang. Awalnya tidak banyak orang tahu, hanya muda-mudi yang sering berkunjung kesini untuk pacaran, begitu jelasnya.

Setapak Menuju Bukit di Sebelah Barat Rawa

Entah sejak kapan tempat ini menjadi happening di media sosial, karena posting foto rawa ini yang begitu cantik. Kemudian dari pihak kampung mulai berbenah menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata di Bondowoso.

Jalan Menuju Lokasi Parkir

Meski belum maksimal, tapi usaha warga kampung setempat sangat layak diapresiasi. Waktu saya berkunjung ke sini, suasananya masih lengang, fasilitas jalan serta petunjuk jalan juga masih kurang. Sempat nyasar  juga sih, karena penduduk setempat juga tidak tahu tentang istilah "ALMOR" mereka tahunya rawa dan itupun diucapkan dalam bahasa Madura .. saya lupa istilahnya he he he.

View Almor dari Atas Bukit

Tapi akhirnya sampai juga ke tempat ini, dari kejauhan tempatnya sih biasa saja, karena jalanan menuju spot masih cukup terjal untuk dilalui motor, apalagi motor matic, perlu berhati-hati terutama jika jalanan becek.

Di tempat ini sebenarnya disediakan juga parkir untuk kendaraan roda empat, tapi menurut saya, agak susah untuk sampai hingga dekat lokasi, tapi kurang tahu juga ya perkembangannya sekarang, karena saya kesana sudah 4 bulan yang lalu.
Another View of Almor Lake

Kabarnya sekarang juga sudah ada "becak air" yang bisa disewa untuk mengitari rawa .. ah kenapa tidak cano saja ya! atau sampan .. kan lebih romantis!

Rawa Indah terletak diantara perkampungan Dusun Alas Sumur, tepatnya di belakang sebuah sekolah dasar alas sumur, kalau saya tidak salah ingat. Untuk masuk ke kawasan ini, dikenakan tiket per orang kurang dari lima ribu rupiah (maaf lupa-lupa ingat) dan biaya parkir kendaraan sudah termasuk dalam tiket.

Kedai Sederhana di Bukit Almor

Tidak banyak fasilitas yang bisa kita temui disini, hanya ada beberapa kedai sederhana dan itupun hanya dua kedai yang menjual makanan minuman. Ada juga kedai batik, tapi pas saya kesana lagi tutup.

Saya lihat ada beberapa muda-mudi yang juga berkunjung, menikmati suasana tenang Almor. Nama Almor ini sedikit mirip dengan "Amor"  waktu pertama kali saya dengar, entah siapa yang membuat nama ini .. idenya cerdas! karena nama unik inilah membuat orang tertarik untuk datang.

Flying Fox Arena

Oh ya di tempat ini juga ada fasilitas flying fox nya loh! Sayang ketika saya kesana tidak banyak info yang saya dapat, selain sedang suasana lebaran, petugas-nya juga tidak ada di tempat.

Kawanan Angsa

Menurut saya, tempat ini akan lebih cantik lagi untuk difoto, jika kita datang sore hari menjelang sunset. Karena rawa ini ujungnya pas berada di sekitar barat daya. Airnya yang jernih, udara segar dan suasana tenang, membuat saya betah berlama-lama disini.

Lukisan Indah Alas Somor

Ditambah pertunjukan rombongan angsa yang asyik berenang ditengah rawa, lukisan alam yang benar-benar mempesona di ujung timur Bondowoso.

Nah .. mumpung liburan dan hari ini cerah, yuk langsung menuju Rawa Indah Alas Sumur ini bersama keluarga :)

Selamat Berlibur

Share this:

CONVERSATION

6 komentar:

  1. Tempatnya bener2 enak utk menyepi :). Adem banget liatnya... Tp moga2 ga dipake muda mudi yg pacaran utk mojok ya mba.. :(. Dr fotonya kliatan masih sepi soalnya..

    Ngeliat tempat yg adem gini, kadang aku berpikir lbh bgs orang2 ga banyak tau supaya ttp sepi dan bersih :D. Tapi di sisi lain ini kalo dikelola lbh baik bisa datangin income jg utk penduduk sekitarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Fanny, suasananya nyaman untuk mencari inspirasi atau sekedar baca buku .. apalagi blogging ..eh tapi internet nyampe gak ya :D
      Sekarang sih tempatnya sudah mulai rame, banyak keluarga yang datang kesini tiap weekend, karena memang Bondowoso kurang tempat wisata :D

      hahaha .. kayanya sih mrk jg ga berani mbak kalo pacaran macem2, karena takut digerebek warga. Thank you ya sudah mampir

      Delete
  2. sekarang temmpatnya udah bagus mbak erika

    ReplyDelete
  3. Suasananya nyaman banget..Hampir mirip kayak disini ..tp bukan angsa...melainkan bebek..banyak berkeliaran di danau...bebas berenang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya mbak itu fotoku ternyata bukan angsa hahahah bebek .. yang angsa cuma beberapa :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)