Pages

Belajar Memakai Kain Saree India

Bersama Anggota Dewan Selangor di Toko Gayatri Klang Malaysia

Pengalaman ini saya dapat, ketika sedang mengikuti blogging competition 2012 di Selangor Malaysia. Pihak panitia mengajak kami mengunjungi Little India di Klang Malaysia

Bersama belasan blogger asal Indonesia dan Malaysia, kami berjalan menyusuri pertokoan sepanjang Little India, di Klang District Malaysia, sesekali berhenti dibeberapa toko untuk melihat pernak-pernik lucu khas India.

Setelah puas hunting foto lokasi seputaran Little India Klang, kami diajak panitia untuk berkunjung ke salah satu toko kain Saree, Gayatri di salah satu blok areal tersebut. Tokonya lumayan besar, dan ada salah satu tokoh anggota dewan di Malaysia yang juga hadir dalam acara itu.
Model Dadakan Saree India

Aduhh melihat kain-kain cantik di toko itu, rasanya pingin mborong semua kain-kain saree untuk dibawa pulang ke Indonesia. Tapi apa daya .. kita kan lagi backpacking .. jadi gak mungkin untuk borong semua saree itu!

Toko Gayatri ini menjual aneka macam keperluan pakaian India, mulai dari kain saree, lehenga, salwar, dan lain sebagainya, hingga gelang-gelang beserta aksesoris pun lengkap di jual disini.

Saree India Seperti Kain Songket

Nah .. kami juga diberi kesempatan belajar menggunakan kain Saree, awalnya Farah yang ditunjuk maju untuk menjadi model bagaimana menggunakan kain saree. Aihh saya juga mau he he he.

Ternyata ada beberapa macam gaya dalam menggunakan kain saree, tergantung darimana kota asal yang menggunakan. Ada model Gujarati, model bangali atau dhoti saree dan sebagainya. 

Mengkaitkan Pallu pada Bahu Sebelah Kiri

Kali ini saya mencoba gaya saree yang simple. Oh ya untuk kain saree itu sendiri panjangnya kurang lebih 9 yard atau kurang lebih 8 meteran ya.. ini kain dibulet-bulet ke badan .. anehnya juga ga copot!

Ketika kita beli saree set, itu dapet kain saree, petty coat, dan atasannya. Ada yang sudah dijahit, dan ada juga yang masih lakaran alias masih kain mentahnya. Sama seperti kita beli kain batik untuk seragam atau kebaya pengantin di toko-toko kain Indonesia.
Sisa Kain ditautkan di bagian kanan bahu saya


Oke .. saya sih tidak seberapa paham nama-nama bagian saree, karena sudah lama sekali he he he. Waktu itu salah seorang pelayan langsung mengambilkan kain saree yang bahannya mirip kain songket, kaku dan terbuat dari benang-benang emas warna warni.. duh cantik!

Saya diminta berdiri, kemudian dipasangkan kain saree itu ke badan saya, hanya dengan cara melipit-lipit seperti pakai kain / sewek duhh bahasanya kacau ya ha ha ha. Tapi bedanya kalau saree gak pakai "Stagen" ya .. ini cuma langsung dilipit-lipit dibadan aja..

Taraaa udah jadi deh beress.. nah itu ada bagian yang disampirkan di bahu, namanya Pallu, agar tidak jatuh ketika berjalan, gunakan safety pin aka peniti dan kaitkan dibagian dalam kain, menempel pada baju atasan kita. 

Taraaa ... Look Slim on  Sareee :D

Sekarang gaya berpakaian ala India ini, tidak hanya digunakan oleh orang-orang India saya loh, sudah banyak perempuan tampil cantik dengan saree, bahkan muslimah juga bisa menggunakan kain saree dipadu dengan slim fit inner top

Ada juga orang-orang Indonesia yang menggunakan tema Bollywood di acara pernikahan mereka .. nah untuk anda yang ingin merencanakan pernikahan di tahun 2017 ini .. apa salahnya jika menggunakan Saree sebagai gaun pengantinnya :)

Simak video tutorialnya disini ya

Share this:

CONVERSATION

9 komentar:

  1. acca... aca... aca septriasa. Eh,

    Di Jakarta biasanya di daerah senen, pasar baru sama mangga dua nih, Mba.

    Lengkap mau saree model apa aja ada di sana. Biasanya kalu aku, beli kain saree terus dijait jadi gamis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ... achaa!
      wahh kapan-kapan aku pingin main-main ke Pasar Baru, dulu pas ke Jakarta cuma sampe ke tanah abang sama daerah Benhil :D

      Delete
  2. jd nyesel kenapa pas aku msh di penang, ga borong kain2 saree di sana juga :D.. bagus2 memang kainnya... dipikir2 kan bisa dijadiin baju utk pergi k acara2 nikahan temen :D.. belajar makenya bisa minta ajarin ama temen2 kmpusku yg bnyk org india .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe .. ayo balik lagi mbak ke Penang :)

      Delete
  3. wah asyiknya jadi putri india, memang kain sari selalu indah apalagi warnanya selalu cerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Tira .. kain-kain India bikin kalap belanja he he he

      Delete
  4. hihihi pas ke Melaka juga liat toko kain sari kek gini tapi ga sempat nyambangin lucukk mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh iya selalu ada alasan untuk berkunjung ke Malaysia, terutama little india nya

      Delete
  5. Aku tahu caranya, lha iyo bojone wong India, hehehe cuman nggak ernah pakai, coba aja dalam rumah :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)