Pages

Aku dan Pesawat Qatar Airways Menuju Amsterdam Belanda

Pesawat Qatar Airways - Airbus 330 600

Pengalaman pertama liburan ke Eropa di tahun 2016 lalu, membuat hati saya berdebar-debar. Selain solo trip, ini juga penerbangan perdana terlama yang pernah saya lakukan. Saya memilih pesawat Qatar Airways yang dikenal sebagai salah satu world class airline terbaik 

Mencari tiket on-line tujuan Jakarta - Amsterdam kurang lebih seminggu sebelum keberangkatan, karena visa juga baru diterima pas setelah libur lebaran. Wah .. sudah pasti tahu kan, cari tiket mendekati hari-H itu harganya bikin menjerit, kalaupun dapat harga yang murah.. itu mah amazing banget!

Entah dimana ini .. yang pasti Indonesia .. perjalanan Jakarta - Kuala Lumpur

Voilaa .. rasa dag dig dug semakin menjadi-jadi, karena harga tiket Jakarta - Amsterdam melonjak dari budget yang saya perkirakan. Sempet kontak Alid Abdul ..jagonya travelling, untuk bantuin cari tiket murah ke Amsterdam.. behh dia memang recomended kalo masalah tiketing! tuhh cek blognya ..alidabdul.com kalau lagi butuh tiket or reservasi sampe cari jodoh ha ha ha

Awalnya dapet tiket via Turkish Airline .. saya lupa rutenya, tapi akhirnya saya gak mau karena cuma 1 bulan return ticket. Sampe tengah malem belum juga dapat tiket, trus suamiku ngasih link ke CheapOAir, dia bilang biasanya suka ada promo untuk Last minute deal

Apakah ini Pulau Samosir ?

Okelah ..saya menurut biar dibilang Istri Sholekhah .. ah ternyata bener, ada tiket ke Amsterdam dari beberapa maskapai penerbangan, mulai dari Garuda Indonesia, Etihad, Emirats, sampai China Airlines .. maunya saya ambil yang China Airlines, lumayan bisa mampir ke Taipeh hi hi hi.

Eh ketahuan suami, langsung diomelin deh ..suruh ambil yang direct flight atau kalaupun transit, maksimal total penerbangan 18 jam, gak boleh lebih dari itu.. titik! Gluppss yaah batal deh acara mlipir-mlipirnya.
Nongkrong bentar di KLIA

Akhirnya pilihan jatuh pada Maskapai Qatar Airways via Malaysia - Doha - Amsterdam, dengan total perjalanan 16 jam atau 18 jam saya lupa..Ini pun masih juga kena omel kenapa gak ambil Jakarta - Amsterdam, hmm.. ya begitulah kalau dapet suami yang gak hobby travelling ha ha ha.. 

Menurut dia terbang mampir-mampir itu menjemukan, sedangkan bagi saya itu mengasyikkan! Selain bisa "nambah stamp" juga bisa jalan-jalan meski cuma transit doang! Yaa sudahlah Meneer ..yang penting aku sampe di Bandara Amsterdam kamu jemput yah!

Wokeh.. saya berangkat dari Bondowoso sehari sebelum terbang ke Malaysia via Surabaya, nginep di sekitaran Juanda, dan harus mengejar morning flight ke Jakarta.. karena Lion Air kalau mau ke Kuala Lumpur transit dulu ke Jakarta sekitar 3 jam..duhh kan kena lagi omelan ha ha ha...

Suasana di KLIA

Trus ..sampai di Malaysia, saya masih harus nunggu lagi kurang lebih 6 jam, karena pesawat Qatar saya terbang tengah malam ke Doha. Bagi saya memang terkadang membosankan menunggu, tapi karena ini lagi travelling saya mah asyik-asyik aja.. ngiterin KLIA seharian ha ha ha, kalo capek tiduran di musholla Bandara.

Tiba saatnya untuk Check In .. yeay penantianku berbuah manis, gak ada delay dan pelayanan dari salah satu Maskapai Terbaik Dunia ini sangat memuaskan. Mulai dari Baggage Check In sampai Boarding semuanya berjalan lancar.
Boarding Pass Qatar Airways

Oh ya.. kalau kita naik pesawat Qatar Airways, kita bisa loh pilih kursi GRATIS! dan kalaupun ada salah nama atau detail info passenger, kita bisa juga amend langsung di situs Qatar Airways ..meskipun kita booking dari situs lain.

Duhh juara bangett kan pelayanannya! Perjalanan dari Malaysia ke Doha kami menggunakan pesawat jenis Airbus 340-600, yang katanya nih bisa terbang dengan kecepatan maksimal hingga 881km/jam!

Aircraft Check Oleh Crew Qatar Airways

Woohh interior cabin pesawatnya cantikk .apalagi itu ada banyak pilihan musik terutama musik dan film India ha ha ha..kumat deh! Duhh terbang biar berapa lama gak bakalan deh mati gaya! Achaa boloo

Karena terbangnya cukup lama, kita dapat makan kalo ga salah 3x masih ditambah snack, selain itu setiap orang dapat personal kit pack seperti ear plug, penutup mata untuk tidur, pasta dan sikat gigi. Kita juga dapat selimut yang bisa dipakai didalam pesawat ..eh entar dikembalikan ya.. hi hi hi.

My Lucky Seat!

Ruangannya cukup nyaman untuk kaki, dan saya selalu pilih tempat duduk dekat jendela, biar bisa lihat suasana, hmm sayangnya saya terbang sendirian jadi kurang romantis..eh enggak ding sama penumpang yang lain :D

Menu makanan yang ditawarkan oleh pramugari Qatar Airways pun beragam, yummyy deh dan yang pasti HALAL! pelayanan pramugarinya juga okehh banget. Sempet ada kejadian horor waktu saya terbang dari Turkey ke Doha (ini pas pulang dari Amsterdam ya) .. ada yang pingsan di pesawat .. 

Mau Berapa Jam mah ayooo .. Bollywood Tune!

Aduhh suasananya serasa gimana gitu, tapi dengan sigap crew pesawat membantu si Ibu  Arab yang kedinginan, sempat juga sih diumumkan kepada passenger yang mungkin berprofesi dokter atau perawat.. Alhamdulillah akhirnya tertolong.. duhh lega deh.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam lebih, pesawat mendarat dengan cantik di Bandara Internasional Doha - Hamad International Airport. Kami tiba sudah tengah malam waktu Doha, Airportnya guedeeee bangett dengan fasilitas yang terbilang cukup mewah! 

Menu Istimewa Pesawat Qatar Airways

Hampir di setiap sudut ada rest area, praying room, toilet dan sleeping room lengkap dengan akses wifi gratis yang super duper cepaat! Oh ya..jangan lupa bawa colokan listrik kaki 3 ya..

Omelet Ayam Jamur dan Bayam .. hmm endesss

Perjalanan dilanjutkan menuju Bandara Amsterdam - Schippol Airport setelah transit kurang lebih 3,5 jam. Kali ini saya naik pesawat tibe Boeing 777-300R yang lebih kecil juga tidak secepat Airbus .. yah tak apalah yang penting sampai dengan selamat di tujuan :)

Apa sih beda pesawat Boeing dan Airbus .. untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini ya .. 


Bollywood Nonstop!

Perjalanan selanjutnya juga memakan waktu kurang lebih 6 jam, perasaan bosan sudah mulai menyelimuti, karena sudah gak ada lagi film dan lagu India ..eh! Akhirnya saya putar games sampai bosan, kemudian pindah lihat peta penerbangan.. tau-tau sudah sampai Jerman aja.. tapi rasanya ini pesawat lama banget .. mungkin karena sudah gak sabar ketemu sama Maiilaavv ya xixixi

Alhamdulilah pilot di cockpit pesawat mengumumkan kalau kita segera landing di Bandara Amsterdam, semua penumpang diharap mengencangkan ikat pinggang dan menegakkan sandaran kursi.. dan kamipun mendarat dengan sempurna!
Akhirnya Mendarat di Schipol!

Bedanya nih kalo naik pesawat ke jurusan Eropa eh hahaha naik bus kalii pake jurusan.. itu penumpang malah rebutan mendahulukan yang lain untuk turun .. bedaa yaa sama kita kalo naik pesawat domestik hahaha .. udah pada sikut-sikutan mau turun duluan .. hmm Endonesah!

udahan dulu yaa ceritanya ..ntar dilanjut tentang tempat-tempat wisata di Amsterdam!

Share this:

CONVERSATION

12 komentar:

  1. Ahhhh sama kayak aku, klo cari enerbangan suka yang bisa melepir melepir dulu hahaha, sekedar transit dan berwisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui :D

      Delete
  2. duuuh aku blm rezekin bisa naik qatar ;p... slalu kelewatan promonya.... dulu pas ke berlin, dapetnya yg murah lufthansa ;p.. kalo pesawat maskapai eropa gitu mah, servicenya so so mbak.. buat mereka yg ptg efisien, bukan service :D.. kalo pesawat timur tengah dan asia kan msh sangat mementingkan service.. tipe pramugari/gara nya aja dipilih yg mudah, langsing... yg maskapai eropa mana ada ;p.. pramugarinya ada yg gendut, ada yg kacamata, udh rada tua ;p.. tp kerjanya sigap..kalo buatku sih, selagi mereka kerja bener, dan tiketnya murah, udh cukuplah ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik di share juga yuk pengalaman naik luthfansa mbak :)

      Delete
  3. Ahhh one day semoga bisa lah naik Qatar ni <3 Servisnya memuaskan, ini penting banget sebagai bentuk kenyamanan, secara perjalanan jauh yes

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin insyaAllah :) tidak ada yang tidak mungkin ya mbak

      Delete
  4. masih transit plus naik pesawat aja udah banyak cerita yang berkesan :D
    ditunggu jalan - jalannya

    ReplyDelete
  5. kmrn ke Baku naik Qatar juga transit di Doha bahkan smpt city tour dulu di Doha. Qatar memang jempol deh :) aku suka warnanya ungu violet dan putih, menginspirasiku mengganti header blog hahaha.
    salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ungunya cantik mbak, meski aku bukan penghobi warna ungu .. tapi kombinasinya ayu :D

      Delete
  6. Qatar makanan nya enak yaaa, kmrn aku naik garuxx agak kurang manja ihik ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku sih iya mas haha soale baru pertama naik pesawat long distance trip yang dapat makanan, aku malah pingin naik garuda, katanya bagus servisnya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)