Pages

Cara Mengurus Visa Schengen di Surabaya Terbaru!


Aturan Baru Pengajuan Visa Schengen
Wah wah .. tulisan ini seharusnya ditulis tahun lalu, pas mau nulis dan browsing info tentang alamat lengkap konsulat Belanda di Surabaya .. lah kok dapat info ini!

Per 1 Juli 2016, pengurusan Visa Schengen di Indonesia, tidak bisa lagi diurus sendiri ke kantor kedutaan Belanda di beberapa kota tertentu. Sekarang semua harus melewati biro jasa khusus VFS Global dan ada biaya tambahan sebesar Euro 25!

Hmm .. ya sudahlah .. aturan adalah aturan, semoga Indonesia juga bisa berlaku ketat untuk warga asing, biar gak main nyelonong aja ke Indonesia!

Well ok, ternyata setelah saya cek tentang pengurusan visa schengen terbaru ini, syarat-syaratnya masih sama bahkan lebih ringkes, dibanding waktu saya urus langsung via Konjen Belanda di Surabaya dulu.

Oh ya .. waktu saya ngurus visa Schengen, masih di tahun 2016 sebelum bulan Juli. Dokumen yang harus saya lampirkan masih sama dengan syarat pengajuan via VFS Global ini.

  1. Formulir Pengajuan Visa Schengen, bisa di download disini ya untuk turis visa
  2. Melampirkan Copy Passport yang masih berlaku kurang lebih 3 bulan saat meninggalkan wilayah Schengen. 
  3. Copy KTP atau bukti Legal Residence (Ijin Tinggal) di tempat kita mengajukan Visa, misal anda tinggal di Surabaya ..ya pakai KTP Surabaya atau untuk WNA yang tinggal di Surabaya, harus menunjukkan bukti tinggalnya
  4. Foto Terbaru Ukuran Passport yang harus sesuai dengan standard Negara Belanda, hmm saya dulu foto di tukang foto Bondowoso, alhamdulillah keterima, tapi katanya sih di VFS itu ada tukang fotonya juga .. aihh bisnis!
  5. Travel Itinerary, maksudnya kita harus menyusun, tujuan liburan kita kemana aja, lengkap sama hotel yang dituju. 
  6. Health Insurance, nah ini kita harus beli health Insurance, dulu saya beli via Axa Life kalo gak keliru, untuk yang travel Insurance, seharga 500,000 rupiah, dan ingat ya asuransi yang kita beli, minimal harus meng-cover kurang lebih 30,000 Euro!
  7. Dokumen yang menyatakan bahwa kita akan kembali ke Indonesia, ini bisa kita dapat dengan surat keterangan dari Kantor, atau jika anda pengusaha bisa menunjukkan SIUP
  8. Bukti Reservasi Hotel selama di Eropa, ini sih bisa diakalin pakai Booking.com kita bisa booking hotel tapi dibayar nanti aja, nah kalo sudah dapat visa, kita juga bisa kok batalin he he he.
  9. Bank Statement selama 3 bulan, tentang ini bisa browsing di beberapa blog ya .. udah banyak yang bahas ini.
  10. Biaya Visa Schengen untuk Turis Visa, sebesar 60 euro dibayar tunai pas waktu penyerahan dokumen.
Visa Schengen dan Tiket PP Saya :p

Nah .. ternyata sekarang kita gak perlu nunjukkan booking ticket PP Indonesia - Amsterdam, itu tidak diminta dalam syarat-syarat pengajuan. Eh tapi untuk lebih jelasnya bisa kontak langsung ke VFS ya ..

Proses pengurusan Visa Schengen ini kurang lebih akan memakan waktu 15 hari, jadi jangan mepet-mepet ya saat mengajukan Visa nya. minimal 3 bulan sebelum keberangkatan.  

Share this:

CONVERSATION

6 komentar:

  1. penasaran bank statement kasih bocoran donk minimal berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga salah sih per hari di Belanda itu butuh kurleb 34Euro, jadi tinggal dikalikan aja berapa hari disana :D

      Delete
  2. hai kak mau tny
    1. kl sdh pny schengen sblmnya harus di fotokopi juga?
    2. bagian passpor yg di fotokopi depan aja kak?
    3. katanya smua dokumen skrg harus di translate. utk ktp dan kk bawa fotokopian dan translate yah?
    makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Flo,
      thank you sudah mampir kesini,
      waduh .. untuk info tentang translate itu saya gak tahu, mungkin telpon ke VFS langsung saja, kalau dulu sih saya fotokopi passport bagian depan saja kalo ga salah
      dan untuk fotocopy visa schengen mungkin sebaiknya disertakan saja

      Delete
  3. mbak nanya boleh ya, interviewnya pake bahasa apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Angga, waktu itu interview nya sih cuma sekedar tanya2 santai aja, pakai bahasa Indonesia kok, karena petugasnya (konjen Surabaya) juga orang Indonesia, tapi sekarang kan via VFS, aku belum pernah sih yang ini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)