Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Thursday, September 19, 2019

Sewa Sepeda Murah Amsterdam

Sewa Sepeda Murah Amsterdam


Musim panas segera tiba, waktunya untuk bersepeda ria keliling Amsterdam menelusuri sudut-sudut kota sambil menikmati hangatnya matahari.

Sepeda adalah transportasi andalan yang bisa anda gunakan ketika berkunjung ke Belanda, hampir setiap kota memiliki toko persewaan sepeda baik yang dikelola pihak swasta atau milik pemerintah (sekelas BUMN kalau di Indonesia)

Jangan khawatir kesasar ketika bersepeda di Amsterdam bahkan di kota-kota selain Amsterdam, karena cycling track route bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi google maps maupun navigasi lainnya. 

Bentuk Sepeda OV Belanda
Anda juga bisa mendapatkan peta gratis Kota Amsterdam lengkap dengan spot-spot wisata ketika menyewa sepeda atau dari hotel tempat anda menginap. Sewa sepeda di Belanda hampir sama dengan sewa motor di Bali, hitungannya setengah hari, 24 jam, 3 hari atau bahkan sebulan.

Harga sewa sepeda mulai dari 10€ per hari hingga 25€ dengan deposit biasanya 100€. Khusus bagi anda yang punya OV chipskaart (kartu khusus transportasi Belanda), anda bisa sewa sepeda murah melalui OV fiets yang berada hampir di setiap stasiun baik kecil maupun besar di seluruh Belanda

Syaratnya anda harus daftar dulu sebagai pelanggan OV fiets di website OV chips anda, bayarnya sih cuma 1 cent per tahun kalau ga salah, tapi cuma sebagai formalitas saja karena nanti uangnya juga dikembalikan ke akun kita.

Intinya untuk melacak kalau-kalau nih.. sepeda yang anda sewa tidak dikembalikan he he he alias di bawa lari! Sewa sepeda OV bisa harian, bulanan atau terusan. Kebiasaan orang sini yang lebih senang bersepeda meski badai salju sekalipun tetap gowes dari stasiun, pasar, hingga kembali ke rumah.

Cara Sewa Sepeda OV Fiets

Jika anda berada di Stasiun Amsterdam Central, berjalanlah keluar stasiun ke arah pusat kota, kemudian belok ke kiri menuju arah Bibliotheek Amsterdam (perpustakaan umum) atau arah Hotel Double Tree Amsterdam. 
Lokasi Sewa Sepeda Stasiun Eindhoven
Lokasi sewa sepeda OV ini tidak hanya berada di Amsterdam Central, tapi di semua stasiun seluruh Belanda, jadi jika anda ingin mengunjungi kota-kota Belanda, tidak perlu usung-usung sepeda kemana-mana, tinggal sewa sepeda bisa harian bahkan bulanan loh! tapi syaratnya ya harus punya kartu OV chip.

Bagaimana jika ke Belanda sebagai turis? apakah bisa menggunakan jasa sewa OV ini? Sayangnya untuk turis masih belum bisa menggunakan fasilitas ini, dikarenakan data anda tidak ter-registrasi pada sistem administrasi Belanda, kalau misal sepeda hilang atau ada kerusakan, pihak perusahaan tidak bisa "memburu" anda.

Menuju Pintu Keluar Sepeda

Solusinya ya anda bisa sewa di tempat-tempat persewaan turis, atau lagi-lagi kalau punya teman maupun kenalan yang punya kartu OV, anda bisa minta tolong untuk sewa sepeda ini.

Bagaimana Mengenali Sepeda Kita?

Semua warna dan bentuk sepeda OV sama, lalu bagaimana kita bisa mengenali sepeda yang kita sewa? atau ketika parkir di suatu tempat kemudian lupa sepeda yang kita pakai yang mana?

Jangan khawatir! setiap kali sewa sepeda OV pasti disertai dengan kunci sepeda yang dilengkapi dengan nomor plat sepedanya. Jadi mau diparkir di mana saja, kapan saja, selama anda pegang kunci gemboknya, anda akan dengan mudah menemukan sepeda yang anda sewa, karena nomor plat sepeda tertera pada gantungan kunci dan slebor bagian belakang sepeda.

Nah semoga tips ini bisa memberikan ide bagi anda yang ingin berkeliling kota Amsterdam maupun kota-kota lain dengan sepeda! Oh ya sepeda Belanda di desain khusus tanpa rem tangan, kebanyakan sepeda Belanda menggunakan rem kaki dengan cara mengayuh pedal ke arah belakang, jadi hati-hati ya kalau belum terbiasa bersepeda dengan model rem kaki!

Plat Nomor Sepeda










2 comments:

  1. Wahh keren ya ada nomer platnya hihihi. Pengen banget ke belanda, tapi sayang nanti gak bisa ikut sewa sepeda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bisa sewa di tempat sewa yang untuk umum kok mbak :) semoga bisa kesampaian ke Belanda ya :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)