Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Thursday, October 31, 2019

Keliling Amsterdam Delapan Euro Sehari!

Salah satu halte di Kota Amsterdam
Siapa bilang butuh biaya banyak untuk berwisata ke Amsterdam! Yuk kita ngobrol tentang tips keliling Amsterdam murah meriah hanya dengan delapan Euro sehari. Lah kok bisa?!

Liburan ke Eropa memang butuh banyak biaya, terutama tiket pesawat dari Indonesia ke Amsterdam atau ke Paris dan beberapa kota-kota favorit di Eropa yang sering menjadi tujuan wisata baik kelas flash-packer maupun back-packer.

Tapi ada tips hemat yang bisa anda coba ketika liburan ke Amsterdam atau sekedar transit di Amsterdam, sebelum melanjutkan perjalanan ke kota lain. Memang Amsterdam kota mahal dibanding kota-kota Eropa timur, bahkan harga hotel di Amsterdam konon yang paling mahal se Eropa!

Berikut adalah tips murah meriah keliling Amsterdam selama 24 jam, cukup dengan uang 8 euro! Jika anda bepergian lebih dari dua orang atau membeli tiket untuk 48 jam/lebih, maka anda akan mendapatkan harga lebih murah lagi loh!

Bagaimana Cara Keliling Amsterdam Murah?

Ketika anda sampai di Kota Amsterdam, belilah one day ticket yang dijual di mesin penjual karcis bus, metro, tram otomatis. Dengan tiket ini, anda bisa memanfaatkan transportasi bus, tram, metro yang berlogo GVB di dalam area Amsterdam selama 24 jam penuh terhitung dari waktu anda aktivasi tiketnya.
One Day Card GVB Amsterdam
Biasanya mesin tiket ini ada di stasiun kereta, bandara Schiphol, atau di stasiun metro (MRT) dan juga bisa anda beli di dalam tram. Jika anda sedang berada di Amsterdam centraal, silahkan menuju mesin tiket yang berlog GVB seperti pada foto berikut, mesin ini berada di ujung kanan bagian depan stasiun Amsterdam Centraal.

Jangan membeli tiket bus, metro dan tram ini di mesin otomatis yang ada di area belakang Amsterdam centraal, karena harganya berbeda dan cenderung lebih mahal. Mungkin mesin yang ada di bagian belakang stasiun Amsterdam Centraal (dekat ferry Amsterdam - Ijburg) adalah mesin yang disediakan oleh perusahaan tour & travel atau perusahaan selain GVB.
Mesin Tiket Beda Vendor yang lebih mahal
Di Belanda ada beberapa perusahaan transportasi umum, misal untuk kereta antar kota antar provinsi dikuasai oleh NS-trein, sedangkan untuk bus dalam kota, tram, dan metro berada dibawah perusahaan GVB (mirip damri Indonesia), ada juga bus warna merah yang berlogo R-Net, biasanya bus ini yang melayani rute antar kota hingga antar provinsi di Belanda.

Tiket murah Amsterdam ini berlaku 24 jam terhitung sejak pertama kali anda tap in/check in pada mesin pembaca tiket yang ada di dalam tram/bus, atau di pintu - gate masuk metro. Misal anda membeli tiket pada jam 7 pagi, tapi anda menggunakan pertama kali untuk metro/tram/bus yang berlogo GVB pada pukul 11 siang, maka tiket ini masih bisa anda gunakan untuk keesokan harinya sampai jam 10.59 pagi.
Mesin Tiket Bus, Tram, Metro GVB Amsterdam
Dengan tiket ini anda bisa naik tram, bus, metro sebanyak yang anda mau. Mau berhenti dimana saja, bolak balik rute yang sama, atau mau nyobain semua rute tram di Amsterdam juga bisa!

Saya sih lebih suka naik tram daripada naik metro, tapi tergantung kebutuhan anda juga dan kemana tujuan anda. Ada daerah di Amsterdam yang hanya bisa dijangkau dengan tram saja, bis saja, atau metro saja. Jadi gunakan karcis ini sesuai kebutuhan anda.

Saran saya, kalau anda butuh waktu cepat untuk menuju lokasi maka gunakan metro karena bebas hambatan. Sedangkan jika anda ingin menikmati suasana kota Amsterdam, anda bisa menggunakan tram atau bus karena bisa melihat pemandangan dari jendela.
Suasana di dalam Tram
Nah urusan jalur dan nama-nama halte atau stasiun bisa anda lihat daftarnya di website GVB ini. Ini rahasia juga ya tentang day ticket 8 Euro yang jarang diketahui turis he he he.. ternyata tiket ini bisa anda gunakan tidak hanya di dalam Amsterdam loh!
Beli Tiket di Tram hanya bisa dengan pin ATM/Kartu Kredit
Tiket ini juga bisa anda gunakan untuk menuju ke beberapa kota/daerah berikut : Amsterdam, Diemen, Duivendrecht, Amstelveen, Schiphol, Weesp. Tapi ingat ya hanya berlaku untuk transportasi yang berlogo GVB saja! tiket ini bisa digunakan untuk bis malam juga, jadi anda tidak perlu membayar tiket kereta ke Schiphol jika sudah beli tiket ini. Sila cek info lengkapnya di sini dalam bahasa Belanda.

Cara Beli Tiket Murah Amsterdam

Mesin otomatis ini bisa anda temukan hampir di semua stasiun di Amsterdam. Anda bisa menggunakan uang kontan maupun kartu debit/kredit yang anda punya. Rata-rata sistem pembayaran di Belanda menggunakan elektronik dan serba otomatis. Jadi siapkan alat pembayaran yang bisa diterima di Eropa untuk amannya.
Menu Mesin Pembelian Tiket
Oh ya jika anda membeli tiket ini di dalam tram, pembayaran hanya bisa dilakukan secara debit/kredit melalui mesin pembayaran. Berikut langkah-langkah bagaimana membeli tiket murah ini melalui mesin otomatis di stasiun Amsterdam Centraal

Pertama pilih menu bahasa yang anda pahami, selanjutnya pilih jenis tiket yang akan anda beli. Harga untuk tiket 1 jam lebih mahal dibanding tiket 24 jam, hal ini juga berlaku kelipatan baik jumlah hari maupun jumlah tiket yang dibeli.

Setelah itu silahkan anda pilih berapa banyak tiket yang anda beli. Tekan menu berikutnya untuk memilih metode pembayaran, apakah akan membayar menggunakan uang kontan atau kartu debit/kredit.

Tiket akan secara otomatis keluar dari kotak yang ada di bagian bawah. Nah sudah siap kan sekarang keliling Amsterdam?! Anda bisa mengunjungi banyak tempat di empat penjuru mata angin mulai dari Amsterdam Centraal. Selamat berpetualang.

Oh ya bagi anda yang belum pernah naik tram, pintu masuk hanya boleh dilakukan dari pintu depan dan bagian belakang yang ada lokasi kondekturnya ya. Kalau anda lewat pintu tengah biasanya kena omelan supir tramnya he he he. Untuk turun dari tram anda boleh keluar dari pintu mana saja, ingat juga bahwa orang yang turun dari tram harus didahulukan daripada yang naik.

2 comments:

  1. kompliiit! ;) Walo belum tau kapan bakal ke amsterdam, tp ini aku save dulu supaya ntr bisa dibaca lg kalo mau ksana.. Ngeliat foto mesinnya, jd tenang krn ada bhs inggris :D. Lumayan juga selisih hrga 1 day ama 2 days nya ya mba. mending 2 hr sekalian deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Fanny :) ... thank you udah rutin main ke blog ku ya senengnya dikunjungi master traveller! iya mending beli 2 hari kalau memang agak lama di Amsterdam. Ditunggu ya ketemuan di Amsterdam

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)