Pages

Bosamba Rafting – The Grand Canyon ala Bondowoso

Bosamba Rafting – The Grand Canyon ala Bondowoso
(Tulisan untuk Lensa Magazine)


Photo by : Sugeng Sutanto
Mengisi liburan tidaklah melulu harus jalan-jalan ke Bali menikmati indahnya sunset, atau mungkin wisata budaya ke Jogjakarta, menghabiskan malam di malioboro. Liburan kali ini bisa juga loh kita isi dengan main-main di sungai alias kali

Main-main di Sungai..??! jorok.. kotor... polusi air.. sakit gatal-gatal, dan tempat pembuangan sampah. Eits jangan salah.. sungai yang mana dulu? Kalau sungainya seperti di Sungai Colorado, Arizona Amerika Serikat, yang punya tebing-tebing indah layaknya Grand Canyon..apa masih nolak untuk diajak liburan kesitu..?


Photo by : Sugeng Sutanto
Nah, ini dia tempat yang tak kalah cantik plus asyik buat mengisi liburan, Bosamba rafting, yang terletak di sebuah desa dengan pemandangan indah, Desa Tamankrocok, Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Masih satu paket dengan wisata alam Kawah Ijen Bondowoso, bermain arung jeram di Bosamba, sepertinya sangat pas jika dilakukan setelah mendaki Gunung Ijen.

Tempatnya sekitar 1 jam dari Pal Tuding Ijen Bondowoso, atau sekitar 30 menit dari arah kota Bondowoso ke arah timur. Arena Rafting ini, atau dalam bahasa Indonesianya kerap disebut Arung Jeram, berada di aliran Sungai Sampean Baru yang bersumber dari 6 anak sungai Gunung Putri, dengan 27 jeram baik kecil dan besar. Panjang track nya kurang lebih 14 km, waktu tempuh memakan sekitar 2 jam, yang melintasi 5 desa. Pemandangan indah dan eksotis layaknya Grand Canyon atau mungkin yang kita tahu di Indonesia, Green Canyon bisa kita temui juga di Bosamba Rafting.

Photo by : Bosamba Team
Track rafting terbagi menjadi dua, track 1 dan track 2, masing-masing track mempunyai keunikan tersendiri, dan tentunya track kedua yang paling menantang, karena jeram-jeramnya lebih ekstrim. Dan uniknya lagi di Bosamba ini memiliki 3 air terjun, serta ceruk air dimasing-masing tracknya. Jika kita mengarungi hingga track 2, bukan saja jeram yang menantang, tapi pemandangan eksotis tebing-tebing layaknya grand canyon siap menjadi background foto-foto narsis.

Atau mungkin ada yang mau mencoba loncat dari ketinggian tebing, jangan khawatir tim rescue dan guide siap untuk menantang adrenalin kita. Selain pemandangan tersebut, kita juga disuguhi pemandangan gua kelelawar dan kera-kera liar di sekitar hutan kecil aliran Sungai Sampean Baru.

Dari segi keamanan, semua tim di Bosamba Rafting sudah dibekali dengan keterampilan serta keahlian dengan sertifikasi resmi olah raga air ini. Dan setiap pengunjung telah diasuransikan, jadi jangan khawatir bagi pemula, anda berada di tangan yang berengalaman dan terpercaya!

Selain itu, di Bosamba sendiri juga ada permainan flying fox, paint ball dan group camp sebagai alternatif pilihan mengisi liburan panjang. So tunggu apa lagi.. liburan sudah dimulai..  silahkan berkunjung ke laman jejaring sosial mereka disini Bosamba Rafting

Nangkap Kepiting di Keramba .. Yuukk main rafting ke Bosamba!

Share this:

CONVERSATION

6 komentar:

  1. awesome, sumpaaaah pengen lagi. kalo bisa gratisan lagi.hehehehe

    ReplyDelete
  2. hahahhaa... gratisan yang double track pulaa.. hmm what a beautiful life :D

    ReplyDelete
  3. wow keren infonya...
    biayanya brapa gan..??
    per orang/ per perahu itu biayanya...??

    ReplyDelete
  4. :) ayo ayo datang hehe,
    setahu saya sih ada 2 track, ada track pendek itu 75ribu
    kalau track panjang sekitar 175ribu :) silahkan kunjungi Facebook Bosamba Rafting untuk info lebih jelasnya

    ReplyDelete
  5. kangen motret kyk 2 foto terhir di atas itu lagi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)