Pages

Nasi Serpang Madura


Warung Madura Kampungan
Selain terkenal dengan Nasi Bebek, Nasi Cumi, ternyata orang-orang Madura juga punya menu andalan lain, yaitu Nasi Serpang. Rata-rata yang bikin khas masakan Madura itu, selain rasanya yang agak asin, sambalnya yang nendang banget seperti ditendang sapi pakai kaki belakangnya.. trus kena pecut Madura.. cettaaarrr membahana!

Nasi Serpang yang satu ini, saya temukan di Jl. KH. Mas Mansyur Surabaya, tepatnya di depan Hotel Kemadjuan kawasan wisata Ampel Surabaya.  Warungnya adalah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang buka setiap hari mulai dari jam 4 sore sampai 12 malam, itupun tergantung dari masakan yang tersedia.

Di sepanjang jalan KH Mas Mansyur ini, kalau malam sangat ramai, banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan khas Ampel , kebanyakan makanan Arab dan Madura, seperti Gule Maryam, Nasi Kebuli, Nasi Bebek, Soto Daging Madura, Sate Madura, Es Kacang Hijau, Susu Kambing, Kebab, dan sebagainya. Yang jelas siapkan dompet dan perut kalau lagi jalan-jalan kesini.

Warung ini sebenarnya tidak saja menjual nasi Serpang, tapi juga menjual Nasi Cumi, ada banyak menu lauk pauk yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, berkisar dari Rp. 8,000 sampai Rp. 20,000 tergantung lauk apa yang diminta. Dan yang menjadikan khas dari warung ini, adalah sambal mangga muda-nya, dan sambal Madura yang nendang banget!
Kalau orang jawa, sambal mangga muda disebut sambal pencit, kalau orang Madura disebut Chengi hahahha.. seperti nama Airport di Singapore ya :D. Saya udah dua kali makan disini, yang pertama take away alias dibawa pulang, trus yang kedua saya makan ditempat dengan teman.

Sensasi makan ditempat memang beda, selain ramai dan hiruk pikuk suasana Jalan Mas Mansyur, kita juga bisa nambah lauk dan sambal kalau kurang, tapi yang bikin gak nyaman adalah banyaknya pengemis dan pengamen yang lalu lalang masuk ke warung ini. Memang kawasan Ampel itu terkenal dengan pengemisnya, bukannya tidak mau berderma, tapi rata-rata mereka menjadikan “pengemis” sebagai profesi! Membuat saya malas berderma

Tips kalau pas lagi main ke Ampel, jangan sekali-kali deh ngasih pengemis, karena sekali ngasih satu pengemis, maka serta merta akan diberondong oleh pengemis-pengemis lain, apalagi kalau turis asing.. hmm gak nyaman kan.  

Well Okey, back to Nasi Serpang, apa saja sih isinya? Orang Madura itu khas banget deh makanannya, mereka tidak terlalu suka sayur mayur, tidak seperti orang Sunda, yang doyan banget sayur mayur, bahkan mentah sekalipun. Kalau masakan orang Madura itu banyak lauknya dan sambal sebagai pelengkap. Mie adalah sayur mereka hehehe..

Nasi Serpang

Nah Nasi Serpang itu terdiri dari Nasi, Daging sapi / Empal Goreng, ada serundeng (parutan kelapa yang digoreng), Udang goreng, Mie goreng, dan Peyek ebi, tapi kita boleh kok menambahkan lauk seperti cumi hitam, paru goreng, limpa goreng, ikan tongkol bumbu merah.. pokoknya banyaaaak menu lauknya..

Kalau kita kesana jam 4 sore, aduhh antrian pembelinya gak nahan, kalau mau makan di tempat, saran saya datang kesana setelah Isya atau sekitar jam 7 malam, suasana pengunjung sudah tidak terlalu ramai, jadi kita bisa menikmati makan dengan santai.

Oh ya.. kalau tidak mau makan di emperan, ada juga kok Nasi Madura yang disediakan oleh Depot Tujuh, penjualnya orang Arab, persis dibelakang warung ini. Selain depot Tujuh, ada juga Depot Al Mulk dan Depot Yemen, yang katanya sih udah di datangi Pak Bondan Mak Nyus dan Benu Boloe yang di TV itu tuh.. heheh tapi menurut saya yang paling enak itu masakan arab ya di Depot Tujuh!.. Laziizzz

Selesai dari warung Madura, bisa pindah ke sebelahnya.. itupun kalau perut masih kuat … ada penjual Susu kambing segar yang dicampur dengan Jahe, madu dan beberapa sajian susu kambing.. Selamat berburu kuliner!

Share this:

CONVERSATION

11 komentar:

  1. aaaaaaaaaaaaahhh jambreeeeeeeett, pagi2 ada postingan beginiii -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha... :D nasi cuminya lebih enaaak looh disini daripada yang pasar atom :D

      Delete
  2. Huaaaa.... Jadi pengen ke Surabaya >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe monggoo mas :D ada nasi cumi, nasi bebek, dan nasi serpang xixixi

      Delete
  3. Next time kalo ke warung gituan lagi aku mau nyoba nasi serpang ah.. :D

    ReplyDelete
  4. saya sebagai orang madura baru denger nasi ini mbak
    :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. whooott hahahaha.. masak sih helga? aku juga tahunya ini pas di Surabaya :D

      Delete
  5. Jadi nasi serpang yang ada disitu harganya berapaan?
    Kayaknya sih enak banget ya, menggoda lidah :D
    Sayang, jauh banget dari tempat saya :D

    ReplyDelete
  6. Hallo Zippy, terima kasih sudah mampir kesini :)
    harganya waktu itu sekitar 15ribu sama es teh, dan menunya komplit hehehe
    kalau cuma nasi serpang biasa aja, mungkin ya sekitar 10ribuan
    ayoo dicoba :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)