Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Saturday, November 29, 2014

[Mengenang] Ijen Festival Bondowoso

The Best Moment ... World Gathering ;) Bondowoso 2012

Kembali ke Bondowoso, kurang lebih hampir enam bulan berlalu. Meski saya masih boleh dibilang Nomaden, alias belum menetap. Yaah masih membagi hari, kadang di Bondowoso, kadang di Surabaya hehehe... Bang Toyyib mode on!

Well.. selama kurang lebih enam bulan ini, Bondowoso masih saja kota yang sama seperti dulu ketika masa-masa anak hingga remaja saya di kota ini. Tenang, sejuk, dan tentram, tapi bukan berarti Bondowoso stagnan tanpa perubahan. Boleh dibilang Bondowoso berubah, hanya saja proses perubahannya berjalan lamban dibanding kota-kota di sekitarnya, apalagi di banding Surabaya!

Perubahan yang paling menonjol di Kota ini adalah banyaknya traffic light alias lampu merah, udah gitu lamaaa banget baru nyala ijo nya hahahaha... duhh kah! Selain itu perubahan juga dilakukan pada monumen gerbong maut, kalau dulu warnanya cenderung monochrome sekarang sudah penuh warna. Pejuang-pejuang yang beraksi di depan gerbong maut hitam itu, kini lebih colourful. .. Ahh jadi terkenang pada seorang teman yang jauh-jauh terbang ke Indonesia, hanya untuk foto di depan gerbong maut itu untuk saya :p.. ihiiirrr! hahahha 

Naahh ini dia yang juga banyak terjadi perubahan, dari segi kegiatan sosial dan hiburan. Kini Bondowoso menjadi salah satu kota yang diperhitungkan untuk mengadakan event, ya meski acaranya baru level Kota Bondowoso, boleh dibilang cukup sukses lah untuk menghibur masyarakatnya. Salut untuk Bapak Amin, Bupati Bondowoso saat ini, yang telah mampu menjadi pioneer menyemarakkan perayaan Hari Besar Islam, menjadi Festival Muharram yang ramai sekali acaranya!

Hmmm.. ngomong-ngomong tentang event nih.. saya jadi inget dengan salah satu event yang cettar membahana hehehe pinjem istilahnya mbak syahrini yak! Ijen Festival .. sebuah event berkelas internasional pertama yang diadakan di Bondowoso! dan tau gak sih siapa penggagasnya? heheheh ... ya kalo belum kenal .. kenalkan nih saya Ericka Abdullah hahahahhaha... narsis! kalau selama ini teman-teman di Bondowoso, belum banyak tahu tentang apa itu Ijen Festival .. ya saya adalah pencetus ide event itu, meski selama ini diaku-aku oleh oknum yang tidak bertanggung jawab hehehe eiittss dilarang sebut merek ya!


Ide membuat event Ijen Festival ini adalah mimpi siang bolong yang pernah terbersit dalam benak saya, bisa juga disebut iri pada Kota Jember, yang punya event keren JFC hingga dikenal manca .. saat itu sih masih Nasional :) .. tapi sumpaah deh saya ga pernah kepikiran, Ijen Festival akan menjadi event di Bondowoso, yang lahir dari tangan-tangan kreatif nak-kanak Bondowoso (karena terwujudnya Ijen Festival ini banyak didukung orang Bondowoso baik yang tinggal di Kota ini maupun yang merantau)

Tujuan saya waktu itu, sebenarnya hanya membantu sebuah instansi sekolah Islam, yang ingin meningkatkan kemampuan siswanya dalam berbahasa Inggris, karena waktu itu kebetulan saya ada teman dari Inggris yang mau jadi volunteer Native Speaker. Nah terus si Kepsek yang resek ini :p .. minta terus diadakan acara semacam pertukaran bahasa .. nah loooh Nagiih ya pakk hahaha!

Laah Truss.. saya waktu itu masih makaryo alias masih karyawan di perusahaan swasta di Surabaya, yaa you know lah gimana mau full time ngajar dengan iming-iming  mencari barakah tanpa ada apresiasi secara profesional?! .. ahh persetan dengan ucapan kepsek hahahaha *jahat* paling benci dengan istilah "cari barakah" tapi arti sebaliknya adalah mengekploitasi "sumber daya manusia" .. oke oke wolesss man, jangan ingat2 orang itu deh .. maless sayah

Yuk cerita tentang Ijen Festival yaa .. akhirnya, karena saya pikir dulu orang-orang di Bondowoso itu se-"ayem" kotanya, akhirnya saya hanya bisa menjanjikan membuat acara English Camp.. ..Luuuk lah kok mintanya malah muluk.. saya akhirnya bilang, daripada cuma ngadain acara selevel SMP yang masih segitu-gitu doang :p .. tapi menghabiskan energi tingkat internasional, ya sekalian aja bikin event yang cettar ..gitu saya bilang.

Dann.. akhirnyaa! ide gila itu digulirkan meski tidak sedikit yang ingin merobohkan. Saat itu saya bersepakat, untuk mengadakan event, semua ide dan konsep dia serahkan kepada saya, istilahnya opo jaree weess! :D 

Oke deal! saya mencari teman-teman yang mau peduli dengan Kota Bondowoso, dan volunteer yang mau membantu mewujudkan mimpi gila ini! Saya posting info ini di grup Bondowoso, hmmm.. tanggapannya bikin nyesek hehehe .. bahkan tidak sedikit yang mengirim pesan via inbox fb saya, mencemooh, meruntuhkan iman, dan menyumpahi bahwa ide itu terlalu gila bahkan tidak akan terwujud.. boleh dikata kemungkinannya nol koma.. whuhuuuu.. Ruaar Biasa ya the commentators ini! :D

Sayangnya, mereka berhadapan dengan para petarung! hehehe .. I was born to be a real fighter and I was born to be Champion beibeh ..Apa yang mereka cemoohkan itu bagaikan angin lalu yang hendak memadamkan Api Biru Kawah Ijen (preeettt kwkwkw) .. team yang tergabung dalam panitia IF 2012 terus melaju ke puncak!

Bunga Ijen
Kata seorang bijak, jika mimpimu itu membuat orang lain menertawakanmu, bahkan mencemoohkan seolah mimpi itu tidak pernah mungkin terwujud, maka apa yang harus kamu lakukan adalah terus maju dan mewujudkannya ;) .. yess very well said!

and I did it man! 
Mimpi manis .. kata Dewi Persik, benar-benar penuh liku, ada banyak derai tangis dan tawa untuk mewujudkan Ijen Festival, aralnya melintang dari Tanjung Perak hingga puncak Kawah Ijen .. cie ciee hihihihi .. Sekarang saya tersenyum bangga mengenang masa-masa itu, meski belum berlanjut untuk Ijen Festival berikutnya! Akan tetapi, semangat untuk memajukan Kota kelahiran saya ini terus membara dalam hati, bersemi indah mengiringi musim hujan yang mengguyur deras musim semi di hutan arak-arak


Kini saya hanya tersenyum simpul, menyaksikan the haters dan the commentators yang sekarang juga banyak loh yang ikutan sibuk bikin acara-acara tandingan ;) tapi belum ada yang bisa mengalahkan Ijen Festival loh heheheh... 

Terima kasih untuk para sahabat, kakak kelas, saudara seperjuangan, the Seniors of Bondowoso, yang selalu mendukung kami para anak muda yang masih penuh gejolak.. tanpa mereka, mimpi itu tak pernah ada. Tim yang masih bersatu dalam mimpi Ijen Festival 2015 .. atau mungkin 2016 .. masih saja Solid untuk kembali berkarya, hati-hati kami masih lekat, selekat arak-arak dan pohon jati :D .. 
Arak-arak Bondowoso

Sampai Jumpa di Ijen Festival selanjutnya ;)


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)