Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Saturday, December 13, 2014

Booming India di Layar Indonesia


Setelah demam K-Pop sejak awal tahun lalu, kini Indonesia diserbu demam Bollywood. Beberapa tayangan televisi Indonesia, kini sering menampilkan drama, sinetron bahkan acara-acara "galau" dengan bintang film/artis asal India

Tampaknya masyarakat Indonesia ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat rentan terserang demam, buktinya sering kali terserang demam, mulai dari demam K-Pop, demam Salsa, Demam Latino, Demam Acapela, Demam Harajuku, Demam Jazz, Demam Bollywood, dan terakhir demam gara-gara harga-harga pada naik hehehe.

Ikutan demam sih sah-sah aja, apalagi kalau kita nge-fans akan seseorang, budaya ataupun hal-hal yang memang membuat kita tertarik, akan tetapi jangan sampai "suhu demam" yang menyerang kita melebihi ambang batas normal. 

Wajar sih menurut saya nge-fans akan sesuatu yang membuat hari-hari kita penuh dengan apa yang kita gandrungi. cumaa yang perlu digaris bawahi adalah, jangan sampai saking nge-fans nya kita pada budaya asing, membuat kita lupa atau bahkan tidak mengenal budaya asli negeri sendiri .. aihh apa kata dunia.

Saya memang bukan pengamat budaya, baik lokal maupun internasional, tapi saya senang mengenal dan mengambil ilmu dari budaya lokal maupun internasional. Untuk Bollywood, saya sih memang suka he he he, kalau K-Pop saya gak suka .. maaf ya K-lovers. Selain budaya ini sudah saya kenal waktu kecil, ya saya lahir dan besar di kampung, yang tentunya musik-musik beraroma melayu dan dangdut sangat kental di daerah asal saya. 

Dan musik India atau lebih tepatnya bollywood, sudah banyak diputar oleh tetangga, paman hingga dulu masih saya ingat, nonton bareng pilem India di rumah orang tua saya, seruuu banget udah kaya nonton cinema XXI loh ha ha ha. 

Saya salut dengan budaya India, dan orang-orang India .. hmm meski belum juga kesampaian ke India untuk lihat taj mahal, atau kashmir, ini nih Alid Abdul yang udah kesana dan jago banget tentang India .. Eh tapi ada juga loh teman saya yang benci banget ama orang India dan tetangganya (baca Pakistan, Bangladesh, Afghanistan) tapi getoool banget promo Negeri lain juga. .. 

Hhmm anyway setiap orang punya alasan untuk menyukai sesuatu, kalau menurut saya pelajari semua yang kita lihat baik dari budaya asal maupun budaya negara lain, lalu ambil hikmahnya, tanpa harus menyudutkan atau menjatuhkan orang lain, bukankah Tuhan menciptakan kita berbangsa-bangsa, bersuku-suku berbeda bahasa untuk saling mengenal, agar kita berpikir!

Oke kembali lagi ke India, eh maksudnya tentang budaya India yang sekarang lagi booming di layar kaca Indonesia :D. Tadi kan saya bilang salut, ya sejak saya kecil India udah kemana-mana dengan aksi "ngayal" bollywoodnya, dan lagu-lagu India juga udah ga asing di telinga masyarakat Indonesia. Meski kenyataannya masyarakat disana juga ga sekaya tokoh dalam filmnya.

Kenapa saya salut dengan India, pertama karena mereka sangat menghargai dan bangga akan budaya mereka, pakaian khas India (Saree) masih saja lekat mereka pakai meski hijrah ke Negara lain. Hmm okelah kita punya Batik sebagai simbol budaya Indonesia, tapi seberapa banyak sih anak muda yang pakai Batik?! apalagi kalau ke luar negeri :D paling dipakai kalau ada upacara 17-an di Kedutaan.


Trus .. mereka (Orang India) bangga sekali dengan identitas aslinya, sebagai orang India. Hal ini ditunjukkan dengan kreatifitas seni budaya, musik dan bahasa. Kalau dilihat di Youtube dan channel tv India, disana banyak sekali ajang adu bakat yang kebanyakan lebih menampilkan budaya asal, misal dance competition, music competition, dan sebagainya. Meski mereka menambahkan budaya asing, TETAP mereka menjadikan budaya asal sebagai pondasiny .. bagaimana dengan kita? :)

Di India, khususnya Chennai, adalah gudangnya para IT, dan senangnya pemerintahan India sangat support untuk the IT people, tidak seperti di Indonesia yang "kurang perhatian" pada anak-anak bangsa yang berprestasi, dan akhirnya mereka lebih memilih tinggal di Jerman, USA, ataupun Inggris yang lebih menghargai prestasi mereka... hmmm miris yaa

Terlepas dari itu semua, bukan berarti India yang paling hebat, disana juga masih banyak memiliki permasalahan intern yang tentunya tidak perlu kita tiru, contohnya permasalahan kasta, kasus perkosaan yang tinggi, tingkat kebersihan dan permasalahan penduduk lainnya. 

Indonesia juga hebat, bahkan bisa lebih hebat jika kita - para generasi muda, mau dan bangga memperkenalkan Indonesia, minimal dengan cara lebih menghargai, lebih mencintai budaya sendiri serta bangga menjadi INDONESIA! bagaimana caranya?? yaa itu semua kembali pada kreatifitas masing-masing yaa he he he .. kalau saya dengan menjadi pengusaha baju muslim yang ekspor produk saya ke Lima Benua he he he .. Saya Bangga menjadi orang Indonesia .. trus ceritamu apa? 



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)