Pages

Romantisnya Canal Cruise Amsterdam


Apa saja yang ingin anda lakukan ketika menyusun rencana liburan ke Belanda ? Melihat hamparan bunga tulip ? Mengunjungi museum-museum klasik di pusat Kota Amsterdam? melihat proses pembuatan keju dan foto diantara kincir angin tua? atau menyusuri sungai dengan perahu?

Waah .. sepertinya gak cukup ya kalau kita cuma sehari di Amsterdam, minimal 2-3 hari untuk bisa explore kota ini hingga ke tempat-tempat nyentrik lainnya. Pertanyaan pertama yang sering diajukan teman-teman kepada saya adalah .. sudahkah mengunjungi red district he he he ;)

Red District adalah lokasi prostitusi legal di Amsterdam, saya belum kesana sih hehe.. Nah sekarang saya ingin berbagi pengalaman tentang menikmati romantisme canal cruise Amsterdam. Yap.. seperti kita ketahui, Netherlands adalah negara kecil di daratan Eropa, yang semua daerahnya dilingkupi air, bahkan arti kata Netherlands adalah Negeri dibawah air.
Foto dengan Kapten Kapal nya he he he

Oleh karena itu, Belanda banyak memiliki dam dan canal guna membendung air, agar tidak masuk ke daratan yang dapat menyebabkan banjir. Konon katanya ada ribuan canal yang dibangun di Belanda, semuanya masih terjaga lestari disini dan dimanfaatkan sebagai jalur transportasi warga setempat.

Orang-orang Belanda suka berlayar dengan perahu di musim panas, maka jangan heran jika di daerah pedesaan, akan sering terlihat perahu-perahu maupun boat yang lalu lalang di sungai sambil berpesta dilengkapi juga alat pancing, bahkan ada yang melakukan pesta nikah di kapal .. duhh romantiss ya!

Well .. untuk bisa menikmati Canal Cruise di Amsterdam, kita harus menuju ke pusat kotanya, saya kurang begitu paham lokasi dan cara menujunya, karena saya tinggal ikut aja hahaha.. waktu itu saya bersama suami dan dua sepupunya, kami dijemput mobil dan menuju pusat kota.

Yang jelas lokasi canal cruise itu dekat dengan Amsterdam Central, disana ada banyak agen cruise dari perusahaan yang berbeda, tentunya harganya juga bervariasi. Beruntung kita dapat harga yang ya lumayan murah.. per tiket cuma 9 Euro dari Reederij P Kooij, sedangkan di tempat lain 1 orang harus bayar 15 Euro untuk round trip. (harga ini pas Agustus 2016 ya)


Tips-nya berkelilinglah mencari agen yang harganya miring he he, memang lokasinya tidak di tempat utama, tapi tur yang ditawarkan sama kok. Kita akan diajak berkeliling canal-canal di Amsterdam kurang lebih 1 jam. Kita disuguhi pemandangan unik yang tidak kita temui di Indonesia, seperti deretan rumah-rumah khas Belanda, sudut-sudut kota yang terlihat romantis dengan bunga-bunga bermekaran, ribuan sepeda yang terparkir di salah satu pusat parkir, rumah diatas air, hingga bangunan-bangunan futuristik di Kota Amsterdam.
Deretan Rumah Orang Kaya Belanda :D
Deretan Rumah Apung

Udara yang segar dan langit yang cerah, menjadikan canal cruise ini semakin menyenangkan, setiap penumpang disediakan kursi dan meja yang saling berhadap-hadapan dengan atap transparan, sehingga memudahkan kita untuk mengambil gambar dari semua sisi.
Entah itu Gedung Apa he he he
Ribuan Sepeda terparkir

Ada guide yang menjelaskan setiap tempat dan sejarah canal yang kita lewati. Ketika itu kapa penuh dengan penumpang dari berbagai negara, ada juga orang Indonesia yang sedang liburan, hingga pasangan kakek nenek dari Amerika yang juga pertama kali mencoba tur ini. 
Rambu-rambu di Canal biar perahu ga tabrakan
Canal-canal ini masih sangat terjaga, meski sungainya tidak jernih, tapi bersih dari sampah, tidak juga tampak lingkungan kumuh disini. Banyak juga saya temui orang-orang yang sewa perahu kecil, mereka menyusuri sungai sendiri tanpa ikut tur, sepertinya juga asyik dicoba ya!

Anda tidak perlu takut tersesat, karena meskipun di sungai, canal-canal Belanda dilengkapi juga rambu-rambu lalu lintas ha ha ha, ya supaya tidak terjadi tabrakan antara perahu satu dengan lainnya. Saya lihat mereka cukup disiplin dan "mengalah" atau memberikan jalan terlebih dahulu kepada perahu yang lain ketika berpapasan
taken by him :p

Hmm saya betul-betul menikmati canal cruise ini, tak henti-hentinya saya mengambil banyak gambar, sekaligus menikmati udara sejuk.. sinar mentari yang hangat, aroma sungai dan indahnya pemandangan, plus ditemani orang tersayang ..aihh hahaha paket yang komplit ya kan..?!
Jembatan yang bisa Buka Tutup seperti Jembatan Pethekan Surabaya :D

Lupa ini bangunan apa ya

Selain tur pagi hari, ternyata ada juga loh tur malam hari, candle light dinner canal cruise, duhhh akan lebih romantis jika kita ikutan tur yang satu ini, melihat sudut kota Amsterdam dihiasi lampu-lampu temaram, dan langit yang masih cerah di musim panas.. benar-benar golden moment khususnya bagi anda pecinta fotografi!
Amsterdam Centrum

Amsterdam Centrum

Setelah satu jam berkeliling, canal cruise bersandar di dermaga yang berbeda dengan awal kita naik, tapi masih disekitaran Amsterdam Centrum, yaah masih kurang he he he.. tapi karena perut sudah keroncongan, akhirnya kita memutuskan untuk makan siang dulu :D .. selanjutnya akan diajak jalan-jalan ke Pasar Loak Amsterdam ya hi hi hi


Share this:

CONVERSATION

20 komentar:

  1. Belanda itu impian liburanku, Mbak. Huaaaaasik nih jalan-jalan Canal Cruisenya. Makin pengen bisa sampai ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga bisa liburan kesana ya mbak :)

      Delete
  2. Aihh keren banget mbak, rasanya jadi pengen nyusun list jalan-jalan ke Belanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuk yukk :) mumpung lagi musim panas disana

      Delete
  3. Mba, bikin mupeng 😥Belanda kan salah satu negara impian ku.. disana memang setiap titik nya terkenal bagus dan indah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak :) iyaa mudah-mudahan bisa segera kesana ya :) thank you udah mampir ke blogku

      Delete
  4. Huwaaaa, keren sekali mbaaak! Pengen deh bisa cobain canal cruise juga, soalnya city tour kayak gini selalu bisa explore penduduk sekitar sambil lihat landmarknya juga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak Imaniar :) yuk cobain yang candlelight dinner cruise, lebih romantis sepertinya

      Delete
  5. andai saja sungai yang ada dijakarta kayak sungai di amsterdam, pasti setiap weeknd banyak warga yg bisa memanfaatkannya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di Surabaya juga sudah mulai dimanfaatkan untuk latihan dayung, wisata air anak-anak dengan perahu motor juga :) meski cuma weekend aja

      Delete
  6. Azzeekkkk... yang udah jalan-jalan ke Amsterdam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  7. Alhamdulillah Mba udah sampe belanda aja jejaknya. Ada rambu lalu lintasnya pula, unik ya Mba hehe

    ReplyDelete
  8. keren nih mbak ericka , travelingnya udah nyampe ke negeri bunga tulip. dari fotonya keliatan bangetnya sungai di belanda tuh bersih-bersih semua gak ada sampah sama sekali. Mana enak juga ada wisata sungai kayak gini. salut deh sama belanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh terima kasih sudah berkunjung loh :) iya sungainya bersih banget gak ada sampah

      Delete
  9. Huwaaaaa keren banget mainnya jauh. Aduh pingin kesana. Semoga kesempatan sekolah disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin :) yukk cari beasiswa ke Belanda

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)