Sejatine Urip Mung Ngampung Dolan

Responsive Ads Here

Wednesday, March 10, 2021

New Normal Life - Kembali ke Dunia Nyata Say Good Bye To The Facebook Life!



Hari ini, sehari setelah perayaan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret, saya memutuskan untuk memulai kehidupan baru! A New Normal Life, setidaknya menjauh dari hiruk pikuk Dunia Maya terbesar di era milenium ini, yup! Say Good bye to Facebook life!

Dulu saya punya dua akun facebook, satu akun bisnis dan satu akun pribadi yang terdaftar sejak tahun 2008. Seolah saya jadi "pegawai setia" Mark Zuckerberg untuk update setiap hari apa yang saya rasakan, pikirkan, keluhkan, bicarakan, bahkan sampai pada hal-hal sepele tentang menu makan saya hari ini.

Akun FB bisnis mimamia sudah saya tutup sejak 2017 lalu ketika saya memutuskan pindah ke Belanda. Sedangkan akun pribadi yang sempat ganti-ganti nama, masih saya pertahankan hingga pagi ini meski akhirnya saya putuskan untuk menutup juga. Sebenarnya ada manfaat yang saya dapatkan, akan tetapi semakin hari kok rasanya lebih banyak gak manfaat untuk kehidupan saya ya!

Awalnya saya masih sayang untuk menutup akun pribadi, karena disitu tempat saya bersosialisasi. Saya mencoba mengurangi interaski dengan orang-orang yang tidak saya kenal, atau orang yang saya kenal tapi sering berbagi toxic feeds dengan cara unfriend demi menjaga kesehatan mental saya pribadi.

Beberapa waktu memang terasa nyaman dengan suasana feed baru yang sudah saya filter, tapi kemudian semakin hari network baru pun berkembang, karena saya berada di lingkungan baru di Belanda, apalagi saya menjadi admin Komunitas Kawin Campur Indonesia Belanda, yang saya kelola sejak 2017. Banyak permintaan pertemanan maupun direct messages yang masuk untuk berkeluh kesah, bertanya, ataupun iseng kenalan dari orang-orang yang tidak saya kenal secara pribadi.

Feed yang sudah saya filter, akhirnya kembali kacau dengan banyaknya orang baru dengan kegemaran baru yang tentunya berbeda dengan apa yang saya ingin lihat. Saya merasa jenuh, dan kembali diingatkan untuk keluar dari sosial media terutama Facebook yang menurut saya sangat menyita waktu karena keasyikan pada hal-hal yang nggak penting bangett he he.

Saya sepertinya akan menyusul Marintan Ompusunggu, kawan saya sesama blogger yang sepertinya sekarang dia puasa semua sosial media, termasuk Instagram! Saya ingin lebih banyak membaca buku, menghabiskan waktu pada yang lebih bermanfaat, seperti mengaktifkan kembali blog ini, dan menikmati waktu bersama keluarga juga orang-orang di sekitar secara nyata!

Sudah tahu kan, pandemi tahun ini menjadikan kita benar-benar terisolasi dari kehidupan nyata! Ini saya rasakan di Belanda, yang notabene masyarakatnya juga tidak seterbuka di Indonesia. Budaya bertetangga, unjung-unjung bukan menjadi hal umum apabila anda tidak benar-benar kenal, atau ada ikatan saudara maupun pertemanan.

Dengan adanya pandemi, saya merasa benar-benar berada di dalam gua! Berbicara dengan tembok atau layar kaca, bekerja pun secara virtual. Sudah hampir setahun saya terisolasi di rumah secara sosial maupun profesional. 

Nah maka dari itu, New Normal Life bagi saya adalah dengan tidak banyak berinteraksi melalui media online, kecuali saya benar-benar mengenal orang tersebut secara personal. Kalau dengan keluarga sudah pasti masih tetap menggunakan budaya virtual karena perbedaan jarak dan waktu.

Mulai saat ini saya tidak lagi aktif di media sosial khususnya facebook, meski Instagram masih saya gunakan tapi lebih kepada hobi bercerita atau menulis. Saya ingin mulai aktif membaca, menulis dan menikmati kehidupan nyata dengan orang-orang terdekat di sekeliling saya!

Kalau anda butuh menghubungi saya, masih bisa kok via email he he. Sila kontak maupun menuliskan komentar di blog ini, InsyaAllah akan saya balas! Terima kasih yaa dan salam sehat wal afiat lahir batin!

1 comment:

  1. wah keren sekali kak...sebagai admin komunitas yang membawahi banyak karakter dari berbagai macam kultur dan negara pasti terasa sekali ya tantangannya

    kalau aku juga sudah ga mainan fb dan ig kak...cuma yang teteo kubuka itu blog aja hihi..memang terasa lebih melegakan berinteraksi dengan orang di dunia nyata...walau di dunia maya ada juga yang baik dan sefrekuensi ya kak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)