Pages

Alat Transportasi Super Duper Mahal



Kira-kira di era serba “touch screen” ini, jenis transportasi apakah yang paling mahal, atau mungkin anda sudah pernah merasakannya?

Hayabusa Motor , Photo Source : Link
Untuk urusan pembuatan alat transportasi serba canggih dan nyaman, Jepang dan German merupakan Negara-negara yang selalu up to date.  Dari tujuh alat transportasi tercepat di dunia,2 diantaranya adalah buatan Jepang. Tentunya harga yang ditawarkan tidaklah murah.

Hayabusa, motor jalanan tercepat di Dunia ini, merupakan buatan Jepang yang didesain oleh Suzuki. Memiliki mesin berkapasitas 13000cc, dengan batas kecepatan maksimum mencapai 189 Mph, entah seperti apa cepatnya, saya sendiri tidak bisa membayangkan, apalagi naiknya di jalanan Jakarta atau Surabaya yang lekat dengan kemacetan. Harga Hayabusa atau di beberapa Negara lain dikenal dengan nama GSX1300R ini, untuk keluaran tahun 2008 saja sudah sekitar USD 11.999 bagaimana dengan besutan barunya?



Belum lagi Kereta JR-Maglev atau disebut juga SCMaglev (Super Conducting Maglev) yang dikembangkan oleh Central Japan Railway Company dan Railway Technical Research Institute, dan diluncurkan pertama kali pada 2 Desember 2003. Beritanya, kereta ini mampu menempuh jarak kurang lebih sejauh 581km per jam-nya (361 Mph). Kalau diaplikasikan pada jarak sesungguhnya, seperti jarak tempuh Surabaya – Cirebon lebih sedikit, bisa dibayangkan kan betapa cepatnya, apalagi dibanding kereta ekonomi jurusan Surabaya – Jakarta hehe

Masih adakah alat transportasi yang lebih mahal dan lebih canggih dari itu? Bagaimana dengan kaki ? menurut saya organ tubuh yang satu ini jauh lebih mahal dari apapun di dunia ini, meski kecepatannya tidak semaksimal alat-alat transportasi diatas, tapi percayalah kawan, sepasang kaki kita adalah alat transportasi yang paling canggih dan mahal plus gratis dari Tuhan, mau bukti?

Seperti dikatakan dalam salah satu ayat Quran, andai saja kita menghitung nikmat Tuhan, maka tidak akan pernah cukup lautan tinta untuk memaparkannya, tapi ijinkanlah saya sejenak mensyukuri nikmat ini dengan menulis renungan Kamis pagi. Semoga saya bisa rutin menulis tentang renungan Kamis pagi ini, agar semakin dekat dengan Tuhan dan lebih banyak bersyukur.

Sebelumnya saya tidak pernah meneliti sendiri tentang kaki ini, tapi saya pernah mendengar sebuah cerita dari seorang teman, yang kebetulan memiliki putra dengan kelainan telapak kaki. Kelainan ini baru diketahui ketika anak sudah mulai belajar berjalan. Si anak seringkali jatuh dan tidak seimbang ketika belajar berdiri, awalnya dikira karena baru belajar, jadi wajar bayi jatuh bangun ketika berdiri.

JR Maglev Jepang, Photo Source : Link
Tapi semakin lama perkembangan belajar jalannya kok lambat, setelah dibawa ke berbagai dokter, bahkan hingga ke Luar Negeri demi kesembuhan sang anak, akhirnya keluarga ini bertemu dengan seorang dokter ahli tulang (podiatrist) yang menangani masalah telapak kaki datar  atau juga dikenal flat feet. Betapa senangnya keluarga ini, akhirnya menemukan solusi, hingga berapapun biayanya, mereka akan bayar demi si buah hati, si anak mendapatkan perawatan khusus dan terapi sepatu khusus kaki datar, untuk membentuk cekungan di telapaknya agar bisa berjalan normal.

Saya terdiam ketika itu, Ya Tuhan betapa tingginya ilmu-Mu. Seringkali saya bermain di pasir pantai membuat jejak kaki, tanpa saya memikirkan “cetakan” kaki di pasir, ada cekungan yang terbentuk. Dulu ketika kecil saya pernah bergumam sendiri, kenapa telapak kaki ada cekungan? Tapi tidak pernah saya temukan jawabannya, ketika berceloteh dengan nenek, jawabannya hanya “Ya biar kalau jalan kamu gak jatuh..” singkat.

Kemudian pagi ini saya sempatkan diri untuk berolahraga di salah satu pusat kebugaran, saya bertemu dengan seorang tante cantik, meski usianya sudah paruh baya tapi badannya masih bugar bahkan boleh dibilang sexy, peserta Miss Indonesia lewaaat deh.

Saya perhatikan sejak awal masuk gym, tante ini aktif melatih semua otot-oto tubuhnya, terutama lari dan jalan cepat di mesin treadmill. Peluhnya deras seperti air kran, sambil ngobrol tentang tips bugar dan sehat, saya merenung dalam bising betapa bersyukurnya saya memiliki sepasang kaki yang lengkap, dan berfungsi sempurna. Saya membayangkan seandainya kaki saya tidak lengkap atau lengkap tapi tidak berfungsi sempurna, mungkin pagi ini saya terbaring di rumah sakit, atau duduk menikmati pagi diatas kursi roda dan entah berapa rupiah yang harus dihabiskan.

Sepasang Kaki, Photo Source : Link
Belum lagi saya doyan jalan-jalan, mungkin tanpa sepasang kaki ini saya tidak akan pernah bisa melanglang buana menikmati keindahan ciptaan Tuhan dengan nyaman dan mudah, bayangkan berapa kilometer yang telah kita lewati? berapa jam, dari sejak kita bisa belajar berjalan hingga sekarang, sepasang kaki ini telah kita gunakan? dan semuanya ini pemberian gratis dari Tuhan Sang Pencipta

Ketika saya perhatikan sepasang kaki ini, mulai dari bentuknya, pertumbuhan kaki, jari-jari kaki, kuku kaki, cara kerjanya yang bisa melangkah saling bergantian, ditekuk bahkan diputar, sampai penyusun tulang-tulang didalamnya serta syaraf-syaraf penggerak yang berhubungan langsung dengan otak kita, benar-benar sebuah penciptaan yang luar biasa canggih.

Mengucapkan syukur sangatlah mudah, tapi mungkin bukan itu saja yang diinginkan Tuhan, ketika kita mensyukuri nikmatnya, pikirkanlah dan lakukanlah sesuatu yang menunjukkan kepada Tuhan, bahwa kita benar-benar mensyukuri pemberiannya..
Lalu kawan… adakah alasan lain bagi saya, untuk tidak bersyukur hari ini ..?

“Pantaskah kamu ingkar kepada Tuhan yang menciptakan bumi dalam dua masa..? … “ QS. 41 : 9

Share this:

CONVERSATION

3 komentar:

  1. Salam Kenal Gan.. Artikelnya sangat Menarik. kira2 bisa gak yah kita memiliki Alat transportasi seperti itu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, terima kasih sudah berkunjung..
      waah semoga Indonesia punya transportasi massa yang murah dan terjangkau, dan yang paling penting.. bersyukur atas alat transportasi paling mahal.. Kaki kita!

      Delete
  2. Infonya bermanfaat, thanks udah share sob !!


    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)