Pages

Susu Sapi (untuk) Siapa ..?

Susu buat anak gue lo minum juga man.. Terlalu! :p
Photo Credit : tipspetani.blogspot.com 

Heboh tentang kontra susu sapi sebenarnya sudah saya dengar beberapa puluh tahun lalu ketika saya masih kuliah di Teknologi Pangan Jember, ada beberapa ajakan untuk berpindah mengkonsumsi susu kedelai karena lebih sehat bagi tubuh.

Waktu itu saya sempat diskusi dengan senior yang sekarang menjadi dosen di almamater saya, tapi karena memang perkembangan teknologi kala itu tidak semudah sekarang, akhirnya diskusi kami berakhir mengambang. Apakah memang benar susu sapi tidak baik bagi kesehatan atau susu kedelai yang lebih baik. 

Well akhirnya ketika saya sedang membutuhkan pengobatan untuk sakit yang saya derita, saya memutuskan untuk melakukan terapi air Kangen - cerita tentang Air Kangen nanti ya.. - dan dari sini saya juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi susu dalam bentuk apapun, tidak boleh juga minum minuman bersoda, minuman isotonik .. cuma Air saja!

Nah waktu berdiskusi dengan teman saya ini, dia menyarangkan untuk melakukan Food Combining, dan follow twitter account nya mas @erikarlebang yang beberapa dekade telah melakukan pola hidup sehat murah dan gampang! Kemudian saya disuruh cari fakta-fakta tentang Susu Sapi.. coba deh browsing yaa.. #kibulansusu nih saya kasih link nya .. buka disini ya #KibulanSusu1

Hmm.. sempet saya kaget.. ternyata apa yang pernah dulu pernah kami diskusikan (saya dan senior kampus) itu ada benarnya! Dan ironisnya tugas akhir saya tentang susu fermentasi alias yoghurt. Benar kata dosen pembimbing saya waktu itu, bahwa ilmu pengetahuan itu tidak berhenti setelah penelitian kita berakhir, tapi terus berkembang, karena tidak ada yang namanya Maha Guru bahkan sekelas Profesor pun bisa melakukan kesalahan.. itu tandanya Allah lah pemilik luasnya Ilmu .. Subhanallah.


Susu Formula Tidak Baik Untuk Bayi

Dalam ocehan bang Erikar Lebang, dikatakan bahwa susu sapi itu tidak cocok untuk tubuh manusia, Susu sapi ya hanya cocok untuk anak sapi. Kandungan yang ada dalam susu sapi memang sarat dengan gizi, tapi ketika dimasukkan dalam tubuh manusia, bukannya menambah sehat tapi justru menjadi sumber penyebab masalah kesehatan.  

Bagi ibu-ibu yang masih "pro" sama iklan susu yang katanya kaya nutrisi .. sadar ya bu sebenarnya susu itu hanya diperkaya, semisal kandungan AA, DHA, Omega, dll itu diambilnya dari produk sayuran dan buah serta ikan. Duhh saya jadi berasa kuliah lagi nih.. Ini nih yang perlu kita tahu, kalau yang sekolahnya kesehatan atau tentang pangan, pasti tahu bagaimana sifat zat-zat gizi alami... baca disini ya #KibulanSusu2
Ruam Alergi Susu Pada Bayi

Zat-zat gizi alami bersifat mudah rusak apabila kita salah mengolahnya, dan mudah hilang contohnya seperti vitamin dalam sayur mayur dan buah-buahan. Jika kita salah mengolahnya, maka kita sebenarnya hanya memakan "ampas" tanpa kandungan gizi karena kebodohan kita sendiri. 





Okey back to Susu .. susu sapi, ini bukan kata saya loh ya .. saya hanya menulis ulang, tentunya saya juga baca link-link yang dikasih sama mas Erikar Lebang. So susu sapi meski tinggi dengan zat gizi, tapi molekular susu sapi tidak cocok dengan tubuh manusia. Sedangkan ASI diciptakan Tuhan sesuai dengan kebutuhan bayi. 

ASI hanya tinggi lactosa, namun rendah di lemak dan protein, cocok dengan kebutuhan manusia saat bayi dan pencernaan pada usianya. Sedangkan Susu Sapi memiliki kandungan yang tinggi lactosa (gula/karbohidrat susu) sekaligus lemak dan protein yang menyulitkan pencernaan. Protein susu (casein) ketika masuk dalam tubuh, dianggap sebagai "musuh" karena terlalu tinggi dan sulit cerna, hingga dibuatkan antibody khusus. 

Lactose susu binatang juga begitu tinggi, sehingga hampir seluruh penduduk dunia mengalami alergi terhadapnya ketika mengkonsumsi susu. Hal ini dalam dunia kedokteran dan dunia pangan dikenal dengan istilah "lactose intolerance" .. kata-kata ini sangat familiar di telinga saya waktu kuliah dulu.. tapi memang hal ini dikenal sebagai "ketidak cocokan usus manusia terhadap laktosa / susu sapi" kemudian disarankan mengkonsumsi susu olahan yang lebih mudah dicerna usus manusia (keju, yoghurt, kefr, dll)

Naaahh Loohh!!! Yap benar Lactose Intolerance .. sebenarnya itu adalah SIGNAL dari tubuh kita, Subhanallah .. Allah itu benar-benar sempurna.. Dia menciptakan manusia ini sebagai sebaik-baik bentuk, yang paling sempurna, sampai Syetan aja ga mau sujud karena iri .. coba deh cari ayat ini di Al Quran..

Jadi manusia itu sebenarnya sudah dilengkapi "anti virus" alami sejak lahir, yang menolak apapun yang masuk / menyerang yang tidak baik/tidak diperlukan oleh tubuh. Tapi anehnya justru manusia sendiri yang merusak sistem tubuhnya sendiri, akhirnya banyak deh beragam penyakit. Lactose Intolerance itu tanda alami, bahwa pencernaan kita tidak mampu mencerna susu.

Pada beberapa orang, efek yang ditimbulkan adalah diare, menurut saya itu justru bagus, karena kita tahu lebih cepat bahwa apa yang kita konsumsi tidak bagu, lah kalo yang suka minum susu dan turunannya (keju, yoghurt, kefr, dll) seperti saya ini.. wahh ga tau deh usus saya seperti apa dalemnya :D

Eitss tunggu dulu .. ternyata efek dari Lactose intolerance itu ga cuma di diare, ini kata mas Erikar lebang lagi.. efek alerginya bisa berupa sering migrain, gangguan pernafasan, produksi lendir, mudah batuk pilek, pertahanan tubuh lemah hingga ke gangguan kulit. Whoops itu gejala pasti ada atau sedang dialami oleh "susuers" hehehe bener gak? samaa saya juga iya

Hmm masih mau jadi anak sapi? saya sudah tobat deh .. meski dulu saya penelitian tentang yoghurt, saya ingin lebih mensyukuri nikmat Tuhan salah satunya dengan menjaga kesehatan saya, tentunya dengan gaya hidup dan pola makan yang benar. 

Oh ya.. sekarang kan lagi musim tuh susu kalsium, katanya biar tulang kita gak keropos.. dan saya pernah dengan desas desus kabar, katanya kalo minum susu "A*****e* yang katanya anti oesteoporosis malah justru sebaliknya.. tahu gak kenapa..??!

Nih ya saya kasih tahu dari ocehannya mas ERK, dia bilang memang dalam susu sapi itu kaya kalsium, tapi sebenarnya bukan zat itu yang dibutuhkan tubuh manusia untuk mencegah oesteoporosis. Kalsium memang penting, tapi tanpa MAGNESIUM, kalsium itu tidak akan ada gunanya dalam tubuh kita, justru akan menjadi racun dalam tubuh karena penumpukan kalsium dalam darah, akan menyebabkan tubuh menjadi asam, dan inilah yang justru menyebabkan kita tambah banyak penyakit, salah satunya kena tuh oesteoporosis.

Dalam susu sapi memang ada kandungan magnesium, tapi sangat sedikit, dan sifat magnesium itu mudah rusak, lah berarti susu kalsium itu tidak berguna dong tanpa magnesium..??? Lahh iyaakk kan tadi dibilang juga apa.. :p ngapain beli susu mahal-mahal, diminum malah jadi racun..? Sepakatt? coba deh buka link ini .. #KibulanSusu3

Lalu dari mana kita memperoleh magnesium, .. jawabnya gampang itu bisa kita dapatkan dari sayur mayur dan buah-buahan segar.  Tentunya pilihan ini lebih murah dan banyak di Indonesia :) Sehat itu gampang kan.. asal kita tahu ilmunya .. masih gak percaya tentang susu sapi? nih kibulan terakhir :p .. #KibulanSusu4 

Percaya syukur .. ga percaya ya udah ga usah rempong ..okee Keep healthy and sexy yaa

Share this:

CONVERSATION

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)