Pages

Lelaki Pilihan Tuhan

... Tata ulang susunan doamu, mintalah lelaki sholeh yang baik menurut Allah dan layak menurutmu ..


Sebuah nasehat bijak dari seorang sahabat lama yang sekarang telah mendapat hidayah menjadi salah satu kekasih Allah yang saya kunjungi beberapa bulan lalu. 

Saya sendiri lebih suka menyebutnya kyai tanpa santri, sosok yang sangat bersahaja, teduh dan bijaksana. Dalam perjumpaan itu, saya ditemani istrinya, yang juga sahabat sejak bangku SMP. Berbincang santai di ruang tamunya, sembari mengenang cerita masa SMA memecah kekakuan suasana.

Sebenarnya saya sedang ingin berkonsultasi mengenai sakit yang sedang diujikan Allah kepada saya, kabarnya sahabat saya ini bisa menjadi jalan kesembuhan. Entah dari mana ceritanya .. Yai (panggilan kyai) justru tidak hanya berbicara tentang sakit, tapi "sakit-sakit" yang lain .. Paket kumplitt!

Oke sekarang saya akan menulis tentang lelaki dan lika likunya ..ahayyy! Pasti banyak yang pingin merepett hihihi. Meski saya tidak banyak tahu tentang lelaki, bahkan boleh dibilang minus pengalaman, tapi ijinkan saya berbicara dari sudut lirikan saya ..tsaaaahhh! Hahahaha

Hmm sudah bukan rahasia lagi, kalau sekarang permasalahan belum menikah adalah trending topic dikalangan reuni keluarga, reuni kampus hingga reuni tingkat dunia.. Hihi percaya deh, anda yang sedang dalam proses ini, tidak sendiri kok ..dan tidak hanya terjadi di Indonesia ..tapi juga berlaku diseluruh dunia.baik laki-laki maupun perempuan.. S A M A! Soo jangan galau ya apalagi jadi kacau ..nanti malah mengambil keputusan yang ngacooww

Kalau saya boleh berbagi, dulu juga saya berada dalam masa-masa galau tingkat 7 surga ..ahh lebay! Ya you know lah masyarakat kita ini kan masih memandang sebuah pernikahan itu layak dilakukan ketika kita sudah cukup umur secara "biologis" .. Lulus sekolah ya mau apa lagi .. Yang dibilang gak baik lah berlama-lama sendiri, jangan pilih-pilih, ntar laki-laki takut kalau "sosialita" kita lebih tinggi dan banyak lagi "unreasonable reason" yang mereka muntahkan.

Padahal secara psikologis, "umur" setiap orang tidaklah sama, dan Allah adalah yang PALING TAHU waktu yang tepat untuk kita baik secara biologis dan psikologis, tapi bukan berarti kita berleha-leha dan diam begitu saja tanpa usaha.. Adam saja berusaha mencari Hawa meski sudah ditakdirkan Allah menjadi jodohnya. 

Dari perjalanan yang telah saya lewati, hingga kesini .. banyak yang dapat saya pelajari, baik yang saya lewati sendiri maupun yang saya petik dari pengalaman orang lain. Semua mengajarkan kepada saya bahwa Allah lah satu-satunya tujuan dari setiap apa yang kita lakukan, jika kita menginginkan yang terbaik.

Banyak hal yang membuat saya sangaaaatttttt amaaaaaatttt bersyukurrrr .. Ya Allahhh Alhamdulillahhhhh sekalii saya menjadi diri saya .. Saya tidak pernah menyesali menjadi Ericka Abdullah, bahkan saya tidak pernah ingin menjadi orang lain .. Kalaupun saya terlahir kembali, saya tetap ingin menjadi saya dan memperbaiki kesalahan-kesalahan saya dahulu. 

Pengalaman dan cerita dari beberapa teman ada yang membuat saya shock! Dan ada juga yang menjadi teladan untuk saya, bagaimana sebuah pernikahan, keluarga dan pasangan itu seharusnya berjalan. Memang tidak ada yang sempurna di dunia ini.. Tapi ada Allah yang Maha Sempurna yang mampu menuntun kita kepada kesempurnaan sesuai dengan kemampuan kita.

Sahabatku sayang .. Yang diluar sana engkau sedang berjalan tertatoh berharap lelaki pilihan / perempuan pilihan itu segera datang, tetaplah bersabar dan berbaik sangka kepada Allah. Pernikahan itu bukan sekedar kalian memilih lelaki / perempuan yang sedap dipandang mata, atau yang mampu menafkahimu secara batin dan fisik, atau pula yang mampu mewujudkan segala mimpi-mimpimu!

Pernikahan itu adalah bentuk tanggung jawab dari setiap diri baik laki-laki maupun perempuan dalam sebuah Ikatan Janji Illahi (Mitsaqon Golidho) untuk sama-sama menjalankan perintah Allah sebagai bagian dari separuh Dien mu!

Nah ketika kita berbicara tentang JANJI .. Dan DIEN itu bukanlah hal yang sangat mudah.. Bukan hal yang bisa dipermainkan seperti layar tancap yang ketika gerimis bubar .. Sekali lagi BUKAN! Mari kita renungi dalam-dalam ... Apa sebenarnya pernikahan itu?! Siapa saja yang terlibat dan akan menjadi bagian dari janji Illahi itu ..?! Mampukah kita kelak menanggung jawaban dari setiap pertanyaan Tuhan yang diberikan di yaumul akhir nanti? 

Ya Allah ya Rahman .. Betapa jiwa ini terkadang buta dan silau oleh janji-janji palsu manusia .. Yang akhirnya uraian sesal dan duka melanda .. Naudzubillah summa Naudzubillah!

Pernikahan tidaklah seindah yang kita bayangkan .. Begitu kata teman-teman yang telah merasakan pahit manisnya pernikahan .. Janganlah terburu menikah karena "usia biologis" sudah beranjak menjauh .. Jangan pula menikah karena keputusan yang salah!

Pernikahan adalah hal yang harus disegerakan, karena terhitung sebagai ibadah.. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa bukan termasuk kaumnya jika kita melajang hingga mati! Itu Sabda Rasulullah loh! Nah untuk beribadah itu kan kita harus melakukan yang terbaik untuk mencari ridho Allah

Untuk itu memilih pasangan, juga bukan hal main-main, Rasulullah telah memberikan nasehat untuk memilih pasangan, yaitu pilihlah pasangan yang baik nasab, harta, wajahnya ..tapi dari semua pilihan itu ..pasangan yang baik imannya adalah yang TERBAIK! In shaa Allah

Lah truss hubungannya dengan doa tadi apa dong ..?! 
Nah! Nasehat yang diberikan pak Yai itu tadi intinya kita harus mengenali diri kita dulu.. Apa yang kita inginkan, mana yang kita prioritaskan, urusan jodoh, karir, harta, atau tahta..?! 

Dari daftar doa yang sering kita panjatkan itu, mungkin kita bingung atau lupa..mana dulu yang kita inginkan agar lebih segera dikabulkan Tuhan. Truss kalau kita minta jodoh .. Mintalah lelaki yang sholeh itu saja! Kata pak Yai.. 

Mintalah lelaki yang sholeh menurut Allah dan menurut "kemampuan" kita, maksudnya kadang Lelaki yang Sholeh menurut Allah itu tidak mampu kita terima karena keterbatasan dan nafsu kita, contohnya .. Ada nih lelaki sholeh, tapi umurnya sudah 70 tahun ..apa ya kita mau?? Ada nih lelaki sholeh tapi pola pikirnya jauh dibawah kita ..nah yang ada malah gak nyambung... Hehehe

So misal nih lelaki sholeh menurut versi kita itu yang six pacj, uang rambutnya keriting kaya ridho rhoma hahahaha atau yang kurus kaya changcuters hihihi .. Tapi kan sholeh dimata Allah dan pas dihati kita ..

Hmm udah panjang lebar nih ..ntar disambung lagi ya..sebagai penutup,ada kalimat indah yang saya sadur dari sebuah sinetron religi begini .. 

"Dengan siapapun kita berproses baik mengenal maupun berteman, jangan pernah menjauhkan diri dari Allah, karena Allah akan sangat malu mempertemukan hambanya yang sholih dengan orang-orang yang buruk"

Wieehhyyy .. Selamat berproses yaa intinya baca Surat An.Nur ayat 26 yaa.. ;) 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, sampaikan salam anda disini ya :)